Monday, June 9, 2008

Tadi malam V for Vendetta diputar di TV, entah di channel apa, yg jelas salah satu dari beberapa channel TV kabel yang isinya film doang. Saya hanya menonton setengahnya saja, dan ternyata film ini menarik, awalnya saya kita film ini tipe-tipe film membosankan yang gak jelas ngomongin apa. Yang menarik perhatian saya adalah topeng yang selalu dipake V, ayah saya bilang topeng itu lucu, kalo saya malah teringat dengan tokoh Night Baron di serial komik Detective Conan yang juga pake topeng kayak gitu juga plus potongan rambut hitam yang di bob di atas bahu.

Setelah filmnya beres, saya browsing sedikit tentang film ini dan menemukan bahwa topeng itu adalah topeng Guy Fawkes. Seorang tokoh revolusioner Inggris yang pernah merencanakan untuk membakar gedung parlemen inggris pada 5 November 1605 beserta isinya, dalam hal ini adalah King James I of england dan beberapa aristokrat protestan. Kejadian ini dikenal sebagai Gunpowder Plot di Inggris, dan berhasil digagalkan, selanjutnya setiap tanggal 5 November setiap tahunnya diadakan peringatan kegagalan plot ini yang dikenal sebagai Fawkes Night, Bonfire Night dkk. Plot yang sama dipakai V untuk menentang parlemen yang sedang berkuasa saat itu, bedanya dia berhasil.

Satu hal lagi yang saya suka adalah kalimat terakhir Natalie Portman a.k.a Evey Hammond di film ini : "this country needs more than just a building". Saya jadi mikir soal parlemen Indonesia atau DPR RI. Setelah segudang skandal dan kasus korupsi yang terbongkar, DPR benar-benar sudah kehilangan muka di depan rakyat, bahkan beberapa koran menyebutnya sudah kehilangan 'kehormatan' (karena itu kita musti tanyain lagi apa gunanya badan kehormatan DPR?). Mungkin, negeri ini pun butuh V, tapi apakah harus dengan meledakkan gedung DPR sampai habis??? nah lho... kita pikirin itu setelah V-nya ada. Hahahaha...

1 comment:

machmoey said...

Puput Untung ngomongny dah zaman gn,coba zaman dulu,masuk subversi tuh.