Monday, June 1, 2009

Summer Movies... so far...

Telat...telat...saya telat nge-post resensi film-film akhir-akhir ini. Bukan karena gak niat, dan bukan juga karena gak sempet, gak inget aja :p So, this is my summer movies review so far... and once more this is MY review :D

X-Men Origin : Wolverine
Pertanyaan yang selalu muncul setiap menonton film X-men: Why Wolverine??? It suppose to be Cyclops! Masa cuman gara-gara Hugh Jackman??? Tapi bagaimanapun, Hollywood adalah industri, mana yang bakal menguntungkan itulah yang ditampilkan... dan Hugh Jackman sebagai tokoh utama, jelas lebih menjual daripada James Marsden.

Beberapa mutan baru muncul disini, yang paling ditunggu-tunggu dan justru bikin kecewa jelas Gambit. I like Gambit, and this movie is nothing just a shame for him! Gambit-nya gak penting! Munculnya rada maksa pula... atuhlah...

Bagaimana keseluruhan tentang Wolverine? OK, tapi masih level SMP-lah buat saya. Ceritanya ketebak, kebanyakan action gak penting dan adegan battle yang terakhir itu rada-rada keliatan nipu-nya. Atuhlah... efekna katingali pisan! Tahun berapa ini... helloooo... gak konsisten nih. Siapa sutradaranya??? Gavin Hood... ugh never heard about him. Yang jelas saya tidak langsung menyukainya karena film ini. Ni film bagus buat yang pengen santai sejenak, tapi buat yang sedang dilanda semangat nonton yang menggebu (seperti saya saat itu) jelas gak oke-oke amat. Keren... tapi biasa!


Watchmen
Siap-siap mengatakan saya aneh, tapi saya suka banget film ini! Zack Snyder tak pernah mengecewakan saya :D

It has mature story, with unpredictable ending... half of the movie I try to figure out where it's heading, but I failed and surprised in the end. Seperti halnya V for Vendetta, ceritanya sangat menyindir otoritas yang berkuasa, ditambah dengan kebergantungan manusia pada kekuatan yang lebih tinggi dan tentu saja satu frasa umum... 'pas bagian susah, baru inget ama orang lain'. Begitulah yang ditampilkan para pemimpin negara di film ini, saat punya kuasa mainnya ancam-ancam perang, eh begitu negaranya semua kena hancur barengan... baikan deh, lucu banget. Film ini kayak parodi keadaan dunia saat ini, dan apakah kita harus menunggu munculnya superhero seperti Dr.Manhattan untuk mengakhiri kekacauan??? atau orang gila kayak superhero pemuja Ramses yang namanya aneh dan gak bisa gw ingat dengan jelas itu??? Yaelah... ngapain juga lu punya Tuhan... :)

Orang-orang yang nonton bareng saya bilang film ini jelek, dan mereka lebih suka Wolverine... saya sih lebih suka watchmen deh :)

Angels & Demons
Saya nonton film ini 2 kali, bukan karena saya suka, tapi karena 2 kali diajak nonton :D Film kedua Robert Langdon ini mengabil waktu sebelum kejadian di The Da Vinci Code. Buat yang baca bukunya mungkin akan menyadari banyaknya bagian cerita novelnya yang diubah di film, dan kacaunya itu adalah komponen utama, seperti hilangnya karakter Max Kohler si Direktur CERN, hubungan antara Vittoria Vetra dan peneliti yang dibunuh itu (lupa namanya), terus tentang cap Illuminati yang pertama dan terakhir, itu merupakan komponen utama, dan dihilangkan atau diganti di filmnya... sumpah, nekat banget deh. Hasilnya? saya akui tidak mengecewakan. Walau ada sedikit perasaan aneh karena saya tahu cerita aslinya, saya tetap merasa alur film ini bagus. Lebih teratur, lebih terstruktur daripada film pertamanya. Gak lagi loncat-loncat gak jelas, dan tuturan gagasannya juga lebih gampang dicerna. Bagus, terutama untuk yang gak baca novelnya. Buat yang baca novelnya, usahakan tahan untuk tidak mengeluarkan respon seperti 'lho, kok gini?'

Terminator Salvation
It's the prequel of The Terminator that happened in the future. John Connor bukan anak kecil sok pinter dengan ibu psikopat, dan ceritanya pun gak berputar lagi dari adegan lari-lari dari robot supercanggih yang diprogram membunuh, dan gak ada Arnold Schwarzenegger di sini. The story set after the judgment day, at year 2018 (10 years from now!), the time when human outnumbered by the machine and we are in the middle of a war. Terminologi 'Terminator' lebih luas disini. Gak cuman robot berbentuk manusia yang susah banget dibunuh, tapi macem-macem. Ada terminator bego yang taunya cuman nembakin manusia T-600 (kalo gak salah), ada mesin-mesin pemburu gede dan HK (hunter Killer), juga ada MotorTerminator... yang ini saya paling suka, soalnya keren banget... apalagi waktu dikendarain Bale :D

Benang merah ceritanya masih mirip, walau agak berbeda dengan cerita Terminator pendahulunya. Di sini tetap ada penyelamatan terhadap orang yang penting untuk masa depan, kalau dulu John Connor, sekarang calon bapaknya, Kyle Reeves. Aneh gak, nyelamatin bapak yang jauh lebih muda, kemudian mengirimnya ke masa lalu buat jadi bapak lu... ugh... aneh! Dan buat yang gak nonton Terminator 1,2 dan 3, sebaiknya menonton dengan yang sudah nonton, biar ada yang bisa ditanya-tanya. Beberapa komponen cerita penting dari jaman Terminator dulu muncul disini, karena itu yang gak nonton sebelumnya pasti sedikit bingung.

Bale adalah nilai jual film ini... Bale yang bikin ni film gak jadi film cemen yang jual action dan efek doang... dan Bale yang bikin saya tahan duduk budek-budek di bioskop dengan suara ledakan setiap menitnya. Bale mungkin akan jadi spesialis karakter kelam, seperti Batman dan John Connor. Karakter-karakter yang dimitoskan oleh orang-orang sekitarnya, dengan segudang pertentangan batin di dirinya. Bale sangat cocok memerankan yang seperti ini, asalkan jangan keterusan sampe dia stress aja... denger-denger dia sempet stress dan nyerang kru saat shooting film ini. Haduh... lebay deh... makanya sholat mas, biar nenangin diri... :) Saya dapat info lagi, ternyata awalnya Terminator Salvation tidak memasang John Connor sebagai karakter utamanya, Connor ada tapi dipasang sebagai tokoh yang dimitoskan... Neo tapi gak tampil gitu deh. tapi berhubung yang lolos casting untuk John Connor itu Christian Bale, berubahlah semua ceritanya. Seperti yang saya bilang tadi, Hollywood is big corporation... they really mind if they'll lose a penny. John Connor jadi karakter utama dan Christian Bale-lah bintang Terminator Salvation.

Over all, this is my best summer movie so far... but it still doesn't count Star Trek and Harry Potter and Half Blood Prince. Kita akan dapat jawaban akhirnya setelah dua film itu rilis di Indonesia.

3 comments:

Anonymous said...

wah GIJOE ama transformer ga dimasukkin nih..

tapi tenang put.. klo dah dijakarta pasti dapet premiernya,, ga kaya di bandung ..hihihihi.

tapi untuk saya mah.. yang saya tunggu tahun ini mah tetep tanggal 13 November 2009.. itulah film yang saya nantikan!!

EdogawaConan said...

watchmen gak masuk bandung :(

Unknown said...

@k'muy: benar... lupa dimasukin, Transformer + G.I. JOE... G.I. JOE udah liat trailernya... wuihhh... keren bo, padahal posternya rada kampring :p

@edo: serius lu??? kagak masuk bandung??? belum aja kali... entar sebulan lagi palingan :p lagian kan di kampus do, apa gunanya rileks coba?!?!