Thursday, December 31, 2009

Sherlock Holmes

Saya ingat saya pernah menulis tentang film ini dulu, bagaimana saya sangat menunggu-nunggu film ini rilis. And you know, I watched it yesterday, and it worth all the waiting!

I give 7 to 8 out of 10 for this movie.

Plotnya padat, tepat dan hampir tanpa premis awal sama sekali. Waktumu tak akan terbuang dengan pendahuluan panjang tentang siapa dan bagaimana penjahatnya, semuanya langsung tersaji di awal, singkat, padat dan jelas!

Untuk fan berat serial Sherlock Holmes mungkin tidak akan terlalu suka dengan apa yang mereka lakukan terhadap karakter Holmes. Poin utama Holmes seperti strong deduction, too logical, untidy, not so interest with un-important information etc, tetap dipertahankan dengan beberapa penambahan dalam penampilan seperti menghilangnya ponco flanel dan topi khas Holmes, muka yang kurang inggris (Robert Downey itu Amerika banget deh), terlalu berisi -Holmes seorang pecandu, dan pecandu jelas susah gemuk- , sampai kelebihan tambahan dalam martial art. Penggambaran cerita dalam film ini pun mengambil sudut pandang Holmes sendiri. Cara yang gegabah, karena hampir semua cerita Holmes diceritakan oleh Watson, tentu akan berbeda jika melihat segala sesuatunya dari sang objek cerita sendiri. Film ini adalah film Holmes pertama yang saya tonton dan jelas memberikan nuansa berbeda terhadap karakter Holmes yang saya tangkap dari serialnya.

Dari sisi filmnya sendiri, ini juga film Guy Ritchie pertama yang saya tonton. Dan sejujurnya, sepertinya dia bukan salah satu favorit saya. Pemakaian perbandingan antara deduksi Holmes dalam gerak lambat dan kemudian implementasinya dalam pengambilan gambar normal memang menarik, tapi bikin enek juga kalo kebanyakan. Setting Inggris saat revolusi industri jelas menarik, tapi penggambaran Londonnya mengingatkan saya pada setting film Sweeney Todd. Dan satu hal, mengapa semua film yang mengambil gambar di wilayah London terutama di sekitaran sungai Thames selalu terlihat suram??? coba ingat-ingat Harry Potter, V for Vendetta, National Treasure : Book of Secret, Fantastic 4: The Rise od Silver Surfer dkk, apakah ini bawaan tempatnya? atau memang akan terlihat bagus kalau terlihat lebih suram?

Komentar saya untuk cast singkat:
1. Robert Downey Jr. as Sherlock Holmes terlalu berisi dan berotot, kurang aura Englishman-nya, walau slengean dan aksennya lumayan terbeli oleh saya
2. Jude Law as John Watson terlalu kurus, terlalu ganteng dan terlihat banyak mengeluh
3. Rachel Mc Adams as irene Adler, Saya tak protes dengan acting Mc Adams, saya protes dengan karakter Irene Adler yang ditampilkan. First, she's not a criminal for God's sake! Second, she's not Holmes love interest, people has too much interpretation of Holmes-Adler relationship. He honor her not in the romantic kind of way!

That's all about Sherlock Holmes. I'll edit this post if I have another thing to write. This is a great movie to close the year 2009, the very good one Smiley Happy new year everyone Smiley

1 comment:

Floresiana Yasmin said...

gue belum pernah baca buku sherlock, biarpun udah niat dari dulu2..
tapi gue juga ga sabar pengen nonton filmnya.

tadinya gue kira sherlock holmes itu tokoh serius, ternyata semaca don juan gitu ya?
hahaha. ini nih akibatnya sotoy sebelum membaca.