Friday, May 22, 2009

Astrologi... la...la...la...

"gila, 80% musik yang dia suka gw suka juga, film-film yang disukain sama, dia lahir tanggal 1 september, gw 2 september!" Ucap seorang teman kantor saya saat melihat profile facebook seorang teman dari teman kami yang lain.

Saat itu saya masih belum bisa menebak kemana arah pembicaraannya, sehingga dalam hati saya hanya bereaksi, "so???"

Kemudian, teman kami yang juga teman dari orang yang sedang kami perhatikan profilenya itu berkata. "virgo sih, emang temen gw banyak yang virgo". Disini saya mengangkat alis.

"berarti lu udah tau cara menghadapi gw dong, temen lu banyak yang virgo" balas teman saya yang pertama tadi.

Kali ini aku hanya mengangguk, 'oke, so, this is all about... astrology??...seriously!!!'

Astrologi... sampai saat ini saya masih merasa itu sebagai satu hal yang tak masuk akal. Tak ada penjelasan logis, tak ada apa-apa. Kalau dilihat, sumber penjabarannya adalah murni statistik kualitatif. Lalu, dapatkah ia dijadikan landasan profiling seseorang???

Dasar asumsi awal... mungkin, tapi justifikasi profiling total... definitely not!

Contohnya saya dan Ibu saya, tanggal lahir kami terpaut 3 hari pada bulan yang sama, yang artinya bintang kami sama, apakah sifat, preference dan kesukaan kami sama??? saya bisa bilang 70% berbeda! Dan kesamaan yang 30% itu saya percaya lebih dikarenakan genetics daripada astrologi.

Ya, saya tidak menyalahkan kalau ada orang yang masih menyandarkan profiling orang lain berdasarkan astrologi, tapi saya sendiri tidak perduli pada hal itu. Saya percaya manusia berkembang karena lingkungannya, karenanya bagaimana dia sekarang adalah karena lingkungan dia berada selama ini. Memang saya mengakui ada beberapa faktor X yang mungkin saja terjadi, dimana saya menyadari adalah ketetapan Allah yang Mahamenentukan.

Lagipula satu hal lagi, kapan sih penanggalan masehi ditentukan??? dan setiap kabisat akan bergeser 1 hari, berarti dengan jutaan tahun umur eksistensi manusia di muka bumi, sudah terjadi pergeseran tanggal yang sangat besar. Terus bisa ya tanggalan seperti itu dijadikan patokan???

Ah sudahlah, ini hanya skeptisnya saya saja.

3 comments:

Batari Saraswati said...

baca ramalan bintang di majalah, buat seru2an ajah. hehe.

EdogawaConan said...

mengenai penanggalan itu ada mata kuliahnya - AS3006, Sistem Kalender. :D

Unknown said...

@bat: saya malah udah gak inget bintang saya apa, ampe kemaren ngomongin itu ma temen sekantor :D

@edo: lu ngambil lagi tu kuliah??? hahahha... entar gw tanya anak astro deh...