Sunday, December 21, 2008

3 hari, 3 Doa 3 Cinta

SAYA KEMBALI!!!

3 hari terjebak di belantara Jakarta, dengan HP yang akhirnya mati karena lowbatt dan tidak menyentuh internet sedikitpun... ugh... neraka! (kayak gini aja udah neraka, gak kebayang neraka beneran kayak apa...). Jadi apa yang membuat saya terjebak di Jakarta? tak lain adalah pekerjaan sebagai jobseeker. Ada tes di salah satu perusahaan penyedia layanan internet yang kantornya di Jakarta Selatan, di mana salah satu produknya itu punya nama 'sapu', hehehe...

Bagaimana tesnya?

Menarik! ada urutan yang agak terbalik. Pertama kali saya diinterview oleh beberapa bapak dari divisi dimana saya melamar dan juga mbak-mbak baik dari HRDnya. Interviewnya menarik, dan salah satunya saya menceritakan soal blog saya ini panjang lebar. Selain itu saya juga ditanyain soal TA, yang anehnya bikin saya agak seneng, berhubung beberapa pertanyaan yang saya harapkan bakal keluar di sidang sarjana saya dulu malah keluarnya pas interview ini... jadi kayak dikasih jalan memuntahkan apa yang sudah diujung lidah. Abis interiew, saya disuruh mengikuti psikotes dan interview psikologi dari konsultan HR yang digunakan perusahaan. Jadi agak jiper, masalahnya konsultan inilah yang tidak meloloskan saya di tahap interview psikologis waktu saya daftar Indosat dulu, tapi Alhamdulillah... saya merasa saya sekarang melakukannya dengan lebih baik. Yup, usaha udah, tinggal berdoa dan menunggu hasil tes kemarin... semoga saya dapet ni kerjaan. Berhubung setelah Ayu ditetapkan ditempatkan di Jakarta, saya pun jadi kabita pengen gawe di Jakarta.

Selain tes ngapain lagi?

Nonton film tentu saja :D. Kosan Ditha yang baik hati, yang dengan senang hati saya tumpangin, berada di daerah genteng ijo, belakang kuningan dan deket banget ama Setiabudi One. Jadinya, saat sabtu kemaren saya selesai tes saya mutusin buat nonton. Film apa? tadaaa... 3 Doa 3 Cinta! Kenapa? karena dari 4 film yang ditayangkan, 2 saya udah nonton, 1 udah ada di rileks, jadi yang tersisa cuman film ini, lagian saya udah lama gak nonton film Indonesia di bioskop.

Jadi bagaimana filmnya?

Percaya atau enggak, saya suka ni film. "Wow... akhirnya, Puput bisa suka ama film dimana di dalamnya ada Nicholas Saputra dan Dian sastro sekaligus, mereka sendiri-sendiri aja udah bikin kesel, sekarang mereka berdua dan Puput bisa suka, luar biasa." Itu yang saya pikirkan saat pertama kali berpikir tentang hal yang akan saya tuliskan mengenai film ini (saya terkadang memang menyebut diri sendiri sebagai orang ketiga tunggal di luar diri sendiri, hahaha...).

Film ini pantes masuk nominasi FFI 2008, akhirnya saya menonton salah satu film yang dinominasikan jadi film bioskop terbaik (FYI, dari kelima nominasi baru film ini yang saya tonton, sisanya entah bisa ditonton atau enggak). Saya pingin muji penulis skenario dan tentu saja sutradaranya (dua-duanya dijerhaian Nurman Hakim). Walau terdapat 3 cerita di film ini, plot keseluruhan film dapat terjalin rapi dan mengalir. Penggambaran suasana pesantren tradisionalnya benar-benar pas. Mungkin beberapa penonton akan merasa geli dan heran dengan keseharian santri-santri itu, tapi saya sendiri sudah sering mendengar cerita mengenai pesantren seperti ini, karena Ayah saya dibesarkan di lingkungan pesantren begini dan sepupu-sepupu cowok saya dulu dikirim ke pesantren tiap libur panjang (mirip summer camp buat orang bule mah). Dimulai dari bangun subuh buat shalat bareng, pembahasan kitab arab gundul pake bahasa jawa (kalo di Garut mah pake bahasa sunda), ampe gaya hidup yang super sederhana dari para santrinya (tidur beralas tiker, pake sarung doang dan buku dijadikan bantal). Saya agak curiga bahwa tokoh Rian (Yoga Pratama) di film ini sebenernya representasi sutradaranya sendiri, dilihat dari footnote yang ditampilkan di akhir film.

Jajaran pemerannya sempet bikin saya sangsi, eh salah... keberadaan Nicholas Saputra dan Dian Sastro yang bikin saya sangsi. Bukan karena saya menyangsikan keahlian akting mereka, ya... saya gak pernah bener-bener suka sih ama akting mereka, tapi ketidaksukaan terbesar saya adalah adanya kesan bahwa film ini adalah film reunian Rangga dan Cinta, yang dengan begonya ditegaskan oleh poster filmnya. Pliss deh... bahkan tokoh Dona Satelit (Dian Sastro), walaupun memegang peran penting, jelas gak segitu pentingnya ampe bisa dipajang di poster. Lebih layak ketiga sahabat Huda (Nicholas Saputra), Rian (Yoga Pratama) dan Syahid (Yoga Bagus) yang dipajang di poster, karena film ini memang film tentang mereka, bukan cerita Dona dan Huda! Saya mendapat kesan bahwa pemajangan Dian di poster memang disengajakan untuk menarik minat para fans AADC, murni taktik marketing, tapi jelas mengecewakan... seolah mereka tidak begitu percaya diri dengan kualitas filmnya sampai harus memasarkannya dengan cara begitu.

Bagaimana aktingnya? Nico...oh nico... saya ingin ngasih selamat karena akhirnya saya merasa terkesan dengan akting kamu, tapi komen dikit deh... kenapa gak ngurusin badan sih??? Huda jelas keliatan terlalu terurus dibandingkan teman-temannya yang lain, membuat saya bertanya-tanya apakah Romo Kyai sang pemimpin pesantren segitu sayangnya ama dia sampai dia diurus lebih baik dibanding yang lain??? Akan sangat pas kalo Nico ngebalikin posturnya saat film GIE untuk film ini, kurus dan kuleuheu. Walau begitu, saya jelas mempertanyakan mengapa dia gak menang Citra untuk aktingnya disini??? ugh... aneh, mungkin saya gak akan terlalu protes kalo yang menangnya bukan si cempreng Vino Bastian... tapi pliss deh... dibandingin ama akting Nico di sini aja Vino jelas kalah, entah bagaimana akting para nominasi yang lain.

Untuk pemeran pendukung, Yoga Pratama akhirnya menandai kembalinya dia ke kancah hiburan dengan film ini dan Citra di tangan. Anak yang dulu selalu saya ingat sebagai 'Kak Yoga' yang bawain acara musik anak-anak di Indosiar, ternyata gak bertambah gede dari kali terakhir saya melihatnya di TV. Bedanya, dia menunjukkan bakat lain selain jadi pembawa acara musik anak-anak. Duo Yoga (Yoga Pratama dan Yoga Bagus) di film ini sangat keren. Yoga Pratama pantes dapet Citra dan saya sangat terbeli oleh akting Yoga Bagus sebagai Syahid. Saya seneng ketika akhirnya ada orang yang digambarin soleh di film dan dia beneran bisa ngaji (kalo di sinetron ramadhan biasanya ngaji Al Ikhlas atau Al Fatihah, itupun dengan pelafalan yang bisa bikin mentor tahsin saya negur beberapa kali). Adegan dan suara ngaji di sini kedengeran fasih dan mulus, saya berdoa semoga itu bukan lipsync. Selain itu si Yoga Bagus ini bisa memperlihatkan keluguan pemuda kampung soleh yang masih gampang keombang-ambing. Gimana dia sayang banget ama Bapaknya, kebawa pengajian ekstrem, benci banget ama orang bule, sampai akhirnya nyadar bahwa orang bule gak selalu jahat. Saya pikir dia pun pantas diganjar nominasi Citra disini, walau saya gak terlalu bisa bandingin ama pesaingnya yang lain.

Tata suara dan musiknya keren banget. Lipsync lagu dangdutnya Dona Satelit, sampai permainan tagonian (rebana) para santri bisa masuk dengan mulus ke dialog sehari-hari, gak timpang kayak sinetron-sinetron 'musikal' di Indosiar, bahkan lebih bagus dari lipsyncnya Camp Rock punya Disney (pliss deh...). Dari editing sendiri, jujur saya salut dengan ide memasukkan keberadaan handycam Rian sebagai pengubah jalan cerita. Awalnya saya kira tu handycam cuman berfungsi menggambarkan keinginan Rian aja yang suka video dan pengen bikin film. Adanya beberapa adegan fast-forward video di handycamnya itu juga ngasih satu momen unik, seolah kita melihat kibasan masa depan (macam Alice Cullen aje...).

Film ini pantas masuk jajaran film terbaik di FFI. Dan saya jadi semakin penasaran dengan sang pemenang Fiksi. 3 Doa 3 Cinta sendiri gak terlalu bersinar di malam anugerah, hanya Yoga Pratama yang berhasil naik podium. Tapi dengan begitu saya semakin penasaran bagaimana film-film nominasi lainnya. Semoga mereka akan segera merilisnya di bioskop (sekali lagi, kategorinya itu film bioskop, jadi tolong diputer di biokop ya...). Masih ada May, Claudia/Jasmine, Under the Tree dan tentu saja Fiksi yang harus diburu.

3 hari di Jakarta, dengan 1 pekerjaan yang dilamar, 1 film yang ditonton dan 1 potong roti isi ham dan keju gulung yang luar biasa nikmat. Makasih lagi buat Pradita Saraswati yang mau menampung saya selama 3 hari kemaren, buat Bapak-bapak dan Ibu-ibu yang menyelenggarakan tes saya semoga Anda-Anda sudi memberi saya pekerjaan, buat 21 Setiabudi yang walau leutik tapi lumayan juga, dan tentu saja buat Imperial Cakery dengan roti isi ham dan keju gulungnya yang nikmat. Semoga saya masih berjodoh dengan Jakarta, yang artinya saya dapet kerja di sana... hehehe... :D

8 comments:

anggun oktari said...

amin. mudah2an ke jakarta lagi dan bertemu dgn koneksi internet di sana (artinya keterima kerjanya :D).. biar ga kaya neraka ya put ya?? hehe


btw, yoga pratam yg itu?? weww dulu waktu kecil saya ngfans bgt sama dia.. yahh sayang tadi batal nonton film itu.

Unknown said...

@ t'gun : kenapa gak jadi teh? gara2 posternya? udah posternya gak usah diliat, hehehe... Iya bo, saya juga dulu fans berat kak Yoga ama kak Erina. Tapi dia tak setampan dahulu ya... hihihi...

Laksmi Larastiti said...

haaa. bener kan, blog nya teh puput emang tempat yang tepat buat dilirik, sblum meluncur ke bioskop dan beli tiket nonton.
nice teh, pokona sing rajin nonton ya teh..
:)

putri setiani said...

Bener put, sepakat! Filmnya keren banget! Seru untuk ditonton, sambil maen monopoli, haha..

Tunduhh nontonnya, tolong ya itu flow, semua ekspresi dishoot lama2. Udalah, ternyata poster itu meleset jauhh dari inti cerita. Dian sastronya ngga penting banget, kirain pemeran utama.
Dan yang bengong saat keluar bioskop bukan aku saja.

Emg ya kl puput (dan ida) blg filmnya bagus berarti sebaiknya tidak kutonton, hahaa..

Unknown said...

ya ti, gimana lagi ya, si elu kan seleranya film anak-anak... jangan gw yang disalahin dong...

Anonymous said...

Kapan pengumuman dari perusahaan si pembuat 'sapu' itu put?
Smoga kita bisa barengan lagi di jkt.. :)

Anonymous said...

Selamat berjuang Putz!!!
Saya mah lagi parah2nya ngitung2 teu pararuguh...

Itu film bisa diekspor sini gak?
Btw, Puput tau link bwt donlot2 film gak? Saya mau coba membajak :D

Anonymous said...

hehehehe jadi pengen nonton ini... resensi puput aga bisa dipercaya lah...