Friday, December 12, 2008

Festival Film Indonesia 2008

Festival Film Indonesia 2008 akan segera digelar malam ini di depan Gedung Sate Bandung. Saya lewat Gasibu waktu pulang sore tadi, dan melihat tenda besar beserta beberapa layar raksasa sudah dipasang di depan Gedung Sate. Sayangnya saya kembali ketinggalan berita dan gak sempat ngajak siapa-siapa buat dateng ke sana. Tapi ada untungnya juga, soalnya saya baca di koran katanya warga umum cuman bisa nonton di pangung rakyat yang isinya band-band, ugh... yang begituan sih saya gak terlalu tertarik.

Saya baca Cinemags siang ini, dan tertarik dengan film Garin Nugroho yang diikutsertakan di FFI kali ini, Under the Tree. Walau sebenernya saya rada sebel ama film berbahasa indonesia yang pake judul Inggris, tapi saya gak bisa sebel ama filmnya Garin. Film ini dapet 8 nominasi untuk FFI 2008, termasuk diantaranya nominasi untuk sutradara terbaik dan film secara utuh (Best Picture mungkin kalo di Oscar mah). Saya senang karena Garin itu sutradara Indonesia favorit saya, tapi saya juga gak senang karena saya belum nonton film ini. Grrrr... kenapa yang masuk bioskop itu malahan film gak jelas sih?!?! Menyebalkan.

Dari sekian banyak nominasi di FFI 2008, banyak yang saya gak tonton karena memang gak dirilis secara komersil. Ini nih, gimana mau majuin perfilman Indonesia kalo film bagusnya malah diputer di festival luar negeri dan malah gak masuk bioskop sendiri, dasar aneh! Itu bukan majuin perfilman, tapi emang pengen beken sendiri aja. Ah... sebel saya. Banyak yang ngekritik saya karena kebanyakan nonton film barat doang, gak nonton film Indonesia. Helloooo... tema seperti janda centil, kawin-kawinan, horor murahan dan some stupid sex-ed movie are not worthed to watch. Meskipun tiket bioskop sekarang udah murah, tetep aja saya ngerasa rugi kalo harus ngeluarin satu rupiah pun buat film macam itu.

Acara FFI 2008 sendiri bakal ditayangin di satu TV swasta, saya nonton di situ aja. Nanti kita lihat siapa pemenangnya, dan berdoa semoga film-film itu masuk bioskop tanah air. Bukan sineas dan artis saja yang perlu pendidikan film, masyarakat Indonesia juga perlu dididik melalui film-film lokal bermutu.

2 comments:

machmoey said...

FFI bikin macet

Unknown said...

yap betul! kakak saya nyampe rumah setengah 12 malem dan langsung marah-marah soal gasibu macet. Hihi... ada untungnya juga nonton di TV...