Friday, December 26, 2008

Berjalan-jalan

Natal kemaren, tepatnya tanggal 25 Desember 2008, yang juga ulang tahunnya Ditha, saya ikut hiking bareng LSS ke Tangkuban Parahu, ini beneran hiking karena kita ngambil jalur lewat Jayagiri (gak lewat jalan raya). Ini acara rutinnya LSS tiap natal, terakhir kali saya ikut itu waktu saya tingkat 2, sekarang setelah punya titel alumni saya baru ikut lagi.

Sepanjang jalan saya banyak berpikir, tentang diri saya dan lingkungan, tentang setahun kemarin dan rencana tahun depan. Tentang apa yang sudah saya lakukan dan yang belum saya lakukan. Tentang Orang tua, saudara, teman, orang yang saya suka. Tiga jam perjalanan di tengah hutan benar-benar media yang tepat untuk memikirkan semua itu tanpa diganggu. Dan selewat itu semua, saya pun jadi tahu bagaimana karakter saya sekarang, perkembangan apa yang sudah saya capai selama setahun, penurunan apa saja yang sudah saya derita, dan sungguh melegakan bisa menyadari itu semua. Tahun depan mungkin akan jadi tahun yang sulit, jauh lebih sulit dari tahun-tahun yang sudah saya lewati. Banyak ketidakpastian disana, dan anehnya itu yang menjadikannya menarik. Kita lihat saja nanti.

Selain itu saya juga jadi banyak merhatiin orang-orang teman seperjalanan saya. Banyak sekali anak muda yang saya gak terlalu kenal, sehingga saya iseng merhatiin mereka dari jauh. Juga teman-teman dan para senior saya, bagaimana mereka sekarang?!? Saya ingat satu perkataan dari seorang trainer SSG DT yang jadi trainer acara pelantikan kaderisasi HME 2004:

"kalau kamu pengen tahu karakter orang, bawa dia jalan jauh"

Dan setelah melewati berbagai kesempatan dan bertemu banyak orang, saya tahu bahwa hal itu umumnya benar :D

5 comments:

Anonymous said...

waw bener kitu put?sambil jalan mikirin itu semua?
heu saya mah pengalaman 2 kali nangkub, sepanjang jalan mikirin kapan nyampe nya...hahaha eh ga juga deng ada yang saya pikirin tapi ga sampe planning segala..
*emang bisa yah sambil ngos-ngosan mikir yang gituan..

anggun oktari said...

put, pas lagi hiking2an rame2 begitu, kamu masi sempet mikir hal2 sebanyak itu.. woowww :D

ahh jadi kangen nangkub..

Anonymous said...

euleuh..euleuh,
sempet mikir di perjalanan, keren!!!
saya mah mikirnya, hmmmm..gaya apa yah nanti kalau mau poto..poto..
he2

Laksmi Larastiti said...

iya ya teh puput emg yahud, sempet2nya mikir d tengah perjalanan,
mm...
jd pgn ngrasain nangkub (blm pernah soalnya) ..

Unknown said...

waduh gimana ya... kalo saya ribut ama orang2 malah bikin tambah capek, kalo difoto gak pernah gaya macem-macem (yg penting muka nampang doang), dan bisa jadi pengalih perhatian dari capek :D