Wednesday, July 18, 2007

Kangen 4 peniti

Lagi iseng browsing, di multiply akhirnya menemukan beberapa lagu Pure Saturday yang sempat hilang bersamaan dengan rusaknya CPU komputer di rumah. Mampus!!! Gak cuman ratusan mp3, ber-giga-giga data pun hilang gak tentu arah. Masih belum jelas kabarnya, untung pas beli laptop, data-data kuliah langsung di back up ke laptop. Jadi inget kalimat di novel Supernova-Petir nya Dee.

"...kehilangan dokumen merupakan mimpi paling buruk yang bisa dibayangkan Dhimas. Seperti kehilangan kepala rasanya..."

Yup. Untung udah di back up jadi rasanya kayak dicekek doang, gak langsung kayak gak punya kepala ^^. Tapi mp3 tetap saja raib dari peredaran. Setelah dapet Pure Saturday, langsung inget ama 4 Peniti. Satu band yang ceunah (katanya, red) mah genre-nya blues, gw mah gak bisa bedain. Tapi yang pasti gw suka banget ama lagu-lagu mereka.

Inget, lebaran tahun lalu gw mudik ke Sumedang naek motor ama aa Guna, kakak gw. Sepanjang 1 1/2 jam di jalan ngedengerin lagu-lagunya mereka di mp3 player, terus diulang-ulang sampai gw apal. Dan saat yang paling gw inget adalah saat gw lewat cadas pangeran dan lagu yang lagi diputer adalah Indah damai. Buset dah...kerasanya damai banget. Kayak ada satu orang yang luar biasa sayang ama lu, lagi lu sandarin dan dia ngelus kepala lu dengan sayang...*halah...mulai deh...*

Tapi beneran, saat itu bener-bener luarbiasa buat gw. Ngeliatin pepohonan hijau yang ada di sepanjang jalan cadas pangeran, angin yang nyapu wajah gara-gara kecepatan motor, cahaya matahari yang hangat, sambil ngedengerin lagu dengan tempo tenang dan suara vokalisnya yang menenangkan jiwa sekali, ah...pokonya kerasanya luar biasa banget. Saat itu mendadak wajah nenek kandung gw, nenek & kakek angkat gw, mama, papa ama intan yang udah disana duluan, tante & Om gw, sepupu-sepupu, tetangga rumah nenek, ampe tukang tahu depan rumah. Semua pemandangan kampung halaman gw yang damai dan jauh dari macet dan polusi terpeta di pikiran gw. Gw bukan manusia yang deket ama keluarga, bukan juga orang yang seneng ngumpul-ngumpul, tapi saat itu mendadak gw jadi kangen banget ama keluarga gw dan pengen ada di tengah-tengah mereka.

Nostalgia banget deh. Gw jarang suka lagu melow yang bukan dinyanyiin ama Dreamtheater atau band kesukaan gw lainnya, kecuali kalo lagu itu meninggalkan satu pemikiran atau satu pengalaman yang gak bisa gw lupain. Seperti halnya Pure Saturday dengan kosong dan desire-nya, begitu pula dengan 4 Peniti dengan Indah damai dan lagu lainnya, bener-bener ngasih gw pengalaman luarbiasa. Bukan pengalaman berlebihan macamnya soundtrack lu suka ama orang atau apalah...tapi sesuatu yang sederhana tapi kerasa, pulang ke tempat manusia-manusia yang sayang ama lu berkumpul (a.k.a mudik ke kampung halaman). Mudah-mudahan gw bisa nemu mp3nya lagi dan bisa denger lagi.

1 comment:

zakipeniti said...

put makasih udah mengapresiasi band 4peniti..jadi terharu karena tujuan kita memang seperti yang dirimu rasakan berbagi sesuatu yang bisa kau ketemukan sendiri dalam sanubari, entah apalah itu..o ya dirimu sudah mengunduh RBT lagu lagunya 4penitikah?, silahkan merapat ke www.4penitikomuniti.com jikalau belum merapat.. diantosnya bageur..