Thursday, July 5, 2007

Mimpi dan Cita-cita -- Part 2

Segala kesoktahuan gw terus berlanjut. Meski semua orang kesel, gw tetap berjuang sekuat tenaga buat jadi astronot. Pernah sampe naik ke genteng buat ngeliat komet lewat, nungguin semaleman tanpa tahu kalo komet gak akan ada yang lewat malem itu atau untuk beberapa tahun ke depan (lu pikir tukang nasi goreng, bisa lewat tiap malem???). Semua misi gila gw jalankan untuk mempelajari angkasa. Kalo diajak ke toko buku gw langsung nyari buku soal luar angkasa, kalo ngeliat model ruang angkasa langsung teriak-teriak minta dibeliin, dan akhirnya dibeliin juga, pengen kamar digelapin dan masang miniatur tata surya di atap kamar (yang ini gak diijinin), ngajuin permintaan ke bokap gw buat diajak ke boscha dan ditolak ama sekeluarga karena mereka pada pengen ke dufan. Pokonya ortu gw udah cukup repot dan mulai menyesal udah ngasih tau nama Pratiwi gw itu asalnya dari mana. Mereka gak pernah mikir kalo gw bakal beneran pengen jadi astronot.

Tapi kegilaan gw akhirnya berakhir. Seperti anak kecil lainnya, gw mengalami yang namanya masalah dengan gigi. Selesai liburan panjang, gw balik dari rumah nenek gw dengan kondisi overdosis cokelat. Gigi gw dapet serangan beruntun dan gw males gosok gigi jadilah ada lubang menganga di geraham gw. Sakit gigi dan kesel, sekalinya ke dokter gigi langsung kabur keluar ruangan ngeliat bor giginya (udah muka disorot lampu gitu, kayak diinterogasi polisi), gw takut ama dokter gigi. Dan gw gak mau dibawa ke dokter. Bokap gw mencari ide supaya gw mau ke dokter gigi, akhirnya dia bilang gini:

"put, astronot itu kan giginya gak boleh bolong, kalo puput giginya bolong berarti gk bisa jadi astronot dong"

mungkin niatnya setelah dibilangin gitu gw langsung mau dibawa ke dokter, tapi ternyata tidak. Ketakutan gw akan dokter gigi mengalahkan kegilaan gw akan luar angkasa. Gw langsung berpikir, "gw gak bisa jadi astronot!!". Frustasi dan marah, gw nangis semaleman. Gak bisa tidur dan teriak-teriak. Kesel karena kenyataan dokter gigi yang gw benci menentukan kelangsungan hidup gw sebagai astronot. Semalem itu cita-cita pertama gw langsung runtuh di depan mata, hilang gara2 hal tolol macam gigi bolong. Gw pengen jadi astronot, tapi gw gak mau ke dokter gigi.

Nyokap gw panik ngeliat gw nangis2 sampai segitunya, dia marahin bokap gara2 ngomong kayak gitu dan tetep gak bisa ngeyakinin gw kalo kata2 bokap gw itu gak bener. Waktu kecil gw selalu nelen bulet2 semua omongan ortu gw seolah itu firman Tuhan. Semua yang dibilang ortu gw bener dan yang bener itu yang dibilang ortu gw. Karena gak bisa ngeyakinin gw akhirnya nyokap gw ngasih solusi lain.

"ya udah kalo gitu put jadi dokter gigi aja dulu, entar put bisa ngobatin gigi sendiri jadinya kalo giginya udah sembuh put bisa jadi astronot lagi, iya kan?"

Dan gw percaya. Gw ngeliat harapan tentang masa depan gw sebagai astronot. Akhirnya malam itu gw memutuskan kalo cita-cita gw adalah jadi dokter gigi, untuk selanjutnya gw bakal jadi astronot, jadi gw adalah astronot yang seorang dokter gigi. Gw gak akan menyerah buat ke luar angkasa!!!

Bentuk cita-cita gw itu terus bertahan sampe gw kelas 5 SD. Saat itu bokap gw ngajak gw jalan-jalan ke kantornya di IPTN. Dan gw ngeliat pesawat lagi dibikin dengan mata kepala gw sendiri. Buat anak yang tahu kalo alat elektronik tercanggih itu nintendo, tempat dengan berbagai peralatan super-canggih macamnya IPTN benar2 membuai. Saat itu bokap gw bilang, "ini yang ngebangunnya pak habibi, menristek, put tau pa habibi kan?"
"tau, hebat ya pah, IPTN gak bikin roket buat ke luar angkasa ya pah?" tanya gw. Bokap gw ketawa, "gak ada yang bisa bikin roket buat keluar angkasa di indonesia, ada juga mungkin di NASA, di Amerika"
"kalo gitu ngapain put jadi astronot kalo di indonesia gak ada roket buat ke luar angkasa?" kata gw, cukup shock.
Bokap gw terus bilang, "ya udah put bikin aja dulu roketnya, sekolah aja yang pinter entar put jadi insinyur dan bisa bikin roket sendiri kan?"

Ide itu masuk ke kepala gw selancar air masuk ke kerongkongan gw. Gw bakal jadi insinyur, gw bakal bikin roket supaya gw bisa keluar angkasa. Dan itulah mimpi yang gw kejar selanjutnya. Sebelum akhirnya semakin gede gw semakin sadar mana yang nyata dan mana yang mimpi. Nyadar kalo ide gila buat keluar angkasa itu lebih gak penting dibanding kenyataan kalo gw musti ngejamin keberlangsungan perut gw sendiri. Sekali lagi mimpi gw dikalahkan oleh makanan, dulu cokelat sekarang nasi.

Tapi gw gak akan nyerah gitu aja. Gw tetep berusaha untuk ke luar angkasa, buat ngeliat bumi ini bulet-bulet. Mungkin gak dengan jadi astronot, gak juga dengan ngebuat roket sendiri, tapi kan sekarang udah ada wisata antariksa??? Hehehe...jadi mungkin sekarang gw musti jadi orang kaya, supaya bisa beli tiket buat wisata ke luar angkasa. OOSH! SEMANGAT!!! ^^

2 comments:

Batari Saraswati said...

ah, cita-cita mu banyak sekalii. menyenangkan. gua dulu punya cita2 apa ya?
lupa.

Unknown said...

cita-cita emang banyak, tapi sayangnya semuanya meleset. Tapi masih bisa dikejar...^^