Friday, July 13, 2007

Bahasan susah (?)

Beberapa waktu yang lalu gw ngunjungin salah satu blog senior gw di kantor sekaligus temen ngobrol yang asik banget (^^), mbak Hani. Disitu ada tulisan yang judulnya "about a friend", membuat gw berpikir kembali masalah tersebut. "friend" disini punya arti yang beda ama "friend" yang didefinisikan dari komik 20th Century Boy, "friend" disini artinya teman hidup sepanjang hayat, alias manusia yang entar jadi suami atau istri kita.

Setiap cewek seumuran gw atau lebih tua dari gw yang belum nikah, mungkin udah standarnya ngomongin masalah nikah sekarang-sekarang ini. Entah karena udah kepengen, entah karena lagi kasmaran-kasmarannya banget ama pacarnya, entah karena baru baca Diorama Sepasang Al-Banna atau Di atas Sajadah Cinta -yang konon bikin orang pengen nikah sehabis bacanya- atau karena orang tuanya udah ngajak ngobrol soal kemungkinan dia nikah. Untuk kondisi yang terakhir ini gw termasuk mengalami, nyokap gw udah mulai interogasi soal 'gw punya cowok gak?' atau 'kenapa belum ada yang dateng kalo malem minggu?' ...Ah...pliss deh, masih jaman ya malem mingguan???

Ya begitulah, gw bingung musti jawab apa karena pasti ujungnya debat panjang ama nyokap gw, jadinya gw jawab:

"put gak akan mikirin itu sebelum aa guna nikah dan sebelum kerjaan put mapan, titik!"

jawaban gak kuat sebenernya, tapi bisa bikin nyokap gw diem untuk sementara, minimal ampe kakak gw nikah.

Soal "the one"-nya, "a friend" kalo istilah mbak Hani-nya. Selama ini gw ngerasa paling males setiap kali harus berurusan ama "mencintai seseorang", karena apa? karena gw ngerasa gw terlalu cinta ama diri gw sendiri. Ada beberapa orang ,seperti keluarga, yang gw cintai. Itu karena gw ngerasa mereka mencintai gw lebih dari diri gw sendiri. Karena itu gw bisa bener-bener cinta ama mereka, gak ada pamrih sama sekali dan selalu jadi orang yang bisa gw andalkan. Nah terus, gimana cara orang lain yang notabene bisa dibilang "total stranger" buat gw, bisa dateng ke hidup gw dan bilang "aku cinta kamu, mari kita menikah" dan gw ngejawab "aku juga cinta kamu, ya, mari kita menikah", tidak segampang itu.

Gw pernah ngasih komen di blog-nya Batari, "Mungkin memang harus disimpen sesuatu yang menjanjikan di ujung jalan sana supaya lu seneng buat lewat jalan itu. Tapi bisa juga milih temen yang enak untuk jalan supaya tetep seneng buat lewatin jalan itu". Itu konteksnya luas, bisa urusannya soal hidup dan pernikahan, bisa juga soal KP dan tempat kopi ^^ Dan itulah yang gw pake dalam kaitannya untuk membuat hidup gw lebih enak.

Berkaitan dengan urusan nikah itu sendiri, "temen yang enak untuk jalan" ini belum bisa gw definisikan. Dan kalo belum ada definisinya, gimana gw bisa tau masalahnya dan terus nyari solusinya??? Mungkin kriteria "orang yang mencintai gw lebih dari diri gw sendiri" itu bisa dijadiin satu definisi buat "temen yang enak untuk jalan". Tapi gimana caranya gw nyadar tentang hal itu?? gw sendiri butuh kurang lebih 13 tahun hidup bareng sampai akhirnya gw ngerasa kalo keluarga gw luarbiasa cinta ama gw. Terus apa gw musti 13 tahun dulu pacaran ama orang sampai gw sadar "ok, he's the one, let's get married", oh pliss deh put, gak lucu banget.

Belum lagi urusan sosial ama kehidupan "dia"-nya. Ketika hal udah menyangkut ama orang lain, variabel yang terlibat di dalamnya pun semakin kompleks, hubungannya gak lagi "apa yang gw mau" atau "apa yang gw butuhin" atau "ah gw begini..."atau "ah gw begitu...", ini udah bergantung ama kata "kita" dimana ada dua individu, yang masing-masing berhubungan dengan individu-individu lainnya yang akan terus belanjut dengan individu-individu lainnya dan seterusnya. Dan semakin gw pikirin, semakin gw gak ngerasa nyaman dengan hal itu.

Gw bukan tipe manusia yang bisa berpikir sederhana, makanya hal yang nampak sederhana pun mungkin bisa jadi berpuluh kali lebih rumit kalo gw yang mikirin, apalagi kalo urusannya udah ama diri gw sendiri. Bahasan soal pernikahan ini udah cukup menghantui gw selama 3 tahun terakhir, semenjak gw masuk ke dunia kampus yang entah kenapa cewek-cewek nya kayaknya semangat banget buat ngomongin hal ini. Tapi seperti yang gw bilang di komen yang ada di artikel mbak hani, gw gak mau capek.

Katanya "jodoh itu ada di tangah Tuhan", dalam catatan takdir kita sudah tertulis entar kita ama siapa, kapan nikahnya, dimana nikahnya dan kehidupannya bakal kayak apa. Berdasar hal ini gw termasuk cukup "cari aman" banget soal masalah pernikahan. Gw berkeyakinan bahwa jodoh gw itu udah ada, jadi gak perlu gw pikirin ribet-ribet, entar kalo udah waktunya dia juga datang. Gw gak mau nyapein diri sama urusan sakit hati karena suka ama orang terus ditolak, atau jadian ama orang terus putus, atau pacar yang terlalu sayang, atau apapun tetek bengek masalah "percintaan" itu.

Gw nikah atau gak, bukan gw yang nentuin, sama kayak sekarang gw masih idup atau gak bukan gw yang nentuin. Gw gak mau terburu-buru, saat ini gw ngerasa gw sangat tidak siap dengan hal itu. Entah nanti. Sekarang mungkin saatnya belajar, bukan sekedar soal pernikahan, soal ngedidik anak, atau soal mencintai seseorang, tapi juga belajar untuk terus hidup sebagai manusia progresif yang semakin baik hari-ke-harinya.

Seperti judul postingan ini, mungkin ini bahasan susah. Gw bisa berdebat panjang lebar ama temen gw Uti lewat YM kalo udah nyangkut hal ini. Tapi mungkin buat beberapa orang ini adalah hal yang sangat sederhana. Setiap orang pasti ada waktu dan cara masing-masing. Ya, gw mah, cari aman aja, gak capek asal selamat, amien...^^

3 comments:

Sannya said...

dari hal yang paling remeh: katanya masalah lo mencet odol dari mana (ngasal dari tengah ato dipilin dari ujung) aja bisa jadi masalah pertama dalam rumah tangga, hahaha...
sayangnya gw udah kepala 2 put, cukup tua walopun pikirannya masib terbelakang, artinya udah waktunya mikirin ginian, waaaa....
minta YMnya utie dong!

Vuterlanik said...

aaaaapaaann!!! utinya cuma setetes gitu, dan kenapa ga dikasi link ke blog uti?!

mau membahas masalah ini di comment? haha, jangan ah, ga akan muat!

Vuterlanik said...

aduuhh,ateul ah pengen ngomentarin!! he..
setting default buat urusan ini memang sudah sangat rumit Put, jadi kalo ga pengen susah ya disederhanakan, bukannya diperumit dan dipersulit! beuki rieut atuh..