Tuesday, July 10, 2007

Kiriman dari tembagapura

KP emang punya segudang cerita. Setiap orangnya punya pengalaman masing-masing ama kegiatan KPnya. Ada yang nganggur, ada yang super sibuk, ada yang dikerjain dan ada yang nyasar ke Papua. Ini ada foto dari Kemas Zakki Arief, kakak-ketemu-gede gw yang lagi KP di Freeport, Tembagapura.

Yang disamping ini kota Tembagapura. Ada di ketinggian 2800 dpl (di atas permukaan laut,red). Layaknya kota di atas gunung, kota ini dingin banget. Lebih dingin dari standarnya bandung atau lembang sekalipun. Terletak di kabupaten mimika, Papua, Tembagapura ini merupakan satu kecamatan yang terletak dekat dengan dua tambang yang dioperasiin ama Freeport Indonesia. Tambangnya itu tambang Ertsberg ama tambang Grasberg yang merupakan tambang dengan cadangan tembaga terbesar ketiga di dunia dan cadangan emas terbesar di dunia. Katanya untuk nyampe kesini musti naik bis khusus dari bandara Timika, sekita sejam perjalanan kalo gak salah, (pernah diceritain, tapi gw lupa).


Kalo yang ini salah satu jalan yang ada di kota Kualakencana. Ada di dataran yang lebih rendah, katanya kayak Jakarta gitu, berarti mungkin deket ama pantai kali ya?!?! Kota ini dibangun dan dikelola sepenuhnya ama Freeport, diresmikan ama Presiden Soeharto tahun 1995. Gak bisa disebut kota juga, karena resminya cuman sebuah distrik yang juga bagian dari kabupaten mimika. Dulunya kota ini itu rawa-rawa, terus ama freeport disulap jadi kota modern. Katanya kota ini merupakan kota pertama di Indonesia yang punya saluran air kotor yang kemudian disalurkan ke pusat pengolahan limbah, hmmm...apa semua kota di indonesia harus dikelola ama perusahaan asing dulu sampai semuanya punya saluran air kotor yang baik???

Sebenernya fakta kalo tambang emas terbesar di dunia ada di indonesia bikin gw bangga, tapi fakta kalo yang ngelola dan ngeruknya itu orang asing bikin gw kesel juga. Apalagi kalo denger cerita dari Zakki kalau penduduk asli sana itu kekurangan banget, banyak yang kena busung lapar dan kurang gizi. Dan rumahsakit yang ada disana itu dibuat ama freeport. Aduh, gw gak tau musti terimakasih atau gak nih ama freeport. Sedih juga mikirin kalo saudara sebangsa gw sendiri diperhatiinnya ama orang asing, jadi ngerasa gak berguna.

Gw mungkin baru denger ceritanya aja nih soal Tembagapura dan Kualakencana. Kalo nanti udah diijinin ama Allah, gw pengen dateng ke dua kota ini, pengen liat langsung kayak apa kota buatan itu dan pengen liat langsung kehidupan masyarakat asli sana. Dan mungkin sedikit membantu yang gw bisa (bisa apa nih???). Thanx to Zakki buat foto2nya. Dan berhubung gw udah janji ama dia, maka gw pampangin juga fotonya disini. Nih kak, aku pampangin gede2!!! Dasar ya ni orang...pokonya salam buat kakak gw di Tembagapura sana, dan salam buat saudara sebangsaku yang lain, maaf kalau kami ternyata lebih banyak ngurusin diri kami sendiri. Gw berdoa supaya suatu saat gw dikasih jalan buat turut bantuin mereka juga. SEMANGAT SAUDARAKU!!!

Kemas Zakki Arief @ Tembagapura, Papua, INDONESIA

4 comments:

Batari Saraswati said...

blognya bagus!
udah baca juga yang satu lagi :)

ikram said...

Halo Puput. Terimakasih sudah mampir ke blog saya..

Sannya said...

asik kali bapak kemaszaki disana..

Anonymous said...

tampaknya si kemaszakki ini memaksa si puput untuk menulis tentang kemaszakki di blognya puput....

kejam sekali