Wednesday, July 4, 2007

Mimpi dan Cita-cita -- Part 1

Anak kecil kalo ditanya "udah gede entar mau jadi apa?" standarnya itu jawab jadi dokter atau insinyur atau pilot (jaman gw kecil jadi pilot dan insinyur itu keren karena pak Habibi dan IPTN lagi booming2nya di Indonesia!!). kalo gw???

...apa mimpi masa kecil gw?...

Waktu kecil gw pengen banget jadi astronot, kenapa? karena nama tengah gw Pratiwi. Nah lho???

Pratiwi itu diambil dari nama Pratiwi Sudarmono yang according to my mom, adalah astronot wanita pertama Indonesia, yang sebernya dia bukan astronot tapi ahli biologi molekuler yang diikutsertakan dalam satu misi luar angkasa (walau gak jadi), tapi gw percaya aja dia astronot. Nah berbekal nama dari orang yang kedengerannya keren kayak gitu, gw pun langsung menetapkan cita-cita buat jadi astronot.

Jadi astronot berati musti tau soal angkasa. Dengan semangat tinggi untuk menjadi astronot gw pun belajar berbagai macam soal angkasa. Dari film Sailormoon, gw tau soal nama2 planet di tata surya dan setelah baca sumber yang lebih ilmiah gw pun jadi bingung ama film sailormoon..."kenapa bulan yang jadi pusat kerajaannya??? bumi aja kagak pantes kali, kan matahari pusat tata surya". Berbekal pengetahuan baru-dapet kalo 'matahari itu pusat tata surya', gw jadi sok tau dan ngekritik film sailormoon di depan temen2 gw, jadilah gw dimusihin temen se-RT karena sikap 'anti-sailormoon' gw. Setelah gw pikir sekarang, ngapain anak kecil ribet soal yang harusnya ada itu sailormoon atau sailorsun?? yang penting mereka pembela kebenaran (dan tuxedo bertopeng itu cakep) udah cukup kali!!

Ya, menyadari kesalahan akibat pengetahuan pertama soal angkasa, gw gak lagi suka sok tau di depan temen2 gw. Dan gw pun resmi baikan ama sailormoon dan para penggemarnya karena ternyata gw gak tahan untuk gak nonton tuxedo bertopeng muncul dengan bunga mawarnya.

Setelah tata surya, gw dapet info soal namanya galaksi lain diluar tata sura matahari, Andromeda. Dan sebagai penggemar film kartun pikiran gw pun langsung melompat pada Saint Seiya. Andromeda Sun, salah satu tokoh di Saint Seiya, yang selama 17 tahun gw anggap cewek sebelum dapet fakta menyedihkan kalo dia itu sebenernya cowok. Kembali dengan sedikit pengetahuan soal andromeda dan dengan ke-sok-tahu-an kalo 'sun' itu artinya matahari, gw terlibat bentrok dengan kakak cowok gw.

"Sun itu kan matahari, sedangkan andromeda nama galaksi lain, matahari kan di tata surya ini gak cocok dong kalo namanya sun andromeda!!" dengan semangat 45, gw berorasi depan kakak gw. Kakak gw yang udah sedikit lebih gede tapi tetep gak mau kalah ama anak kecil, gak terima dengan hal itu. Gak penting namanya apa, yang penting senjata rantainya tetep keren, dan dia adiknya Iki, kakak gw penggemar Iki setengah mati, merasa adik idolanya dihina2, dia melawan dengan adiknya sendiri sekuat tenaga. Perdebatan gak penting itu ditutup dengan kalimat kakak cewek gw Intan, yang dengan polosnya bilang..."yang keren mah yang jurusnya debu-debu intan tau...". Akhirnya gw dan kakak gw gak ngebahas lagi soal Sun Andromeda, kita bikin kesepakatan gak tertulis kalau Seiya tetap paling keren (daripada mengakui jurus debu-debu intan!!!)


-- to be continued --

No comments: