Tuesday, May 20, 2008

JRF goes to GJ 2008 - UI Depok

Tidak ada kata lain untuk menggambarkan acara Gelar Jepang 2008 UI selain 'mengecewakan'!!! Saya bahkan sampai tak punya minat untuk mengambil gambar jalannya acara, selama seharian di lingkungan fakultas ilmu budaya UI itu cuman kami habiskan sambil nongkrong di pinggir danau dan melihat jembatan teKSas, acaranya sendiri? cukup kami lupakan.

Rosemary Marion, Jaiko dan Amakusa, cuman tiga band itu yang menghibur rasa sesal saya. Jauh-jauh dari Bandung, setidaknya saya dapet penampilan ok dari band-band itu. Rosemary tampil jauh lebih bagus dari performance terakhirnya di CiWalk. Jaiko? saya tak pernah ingat mereka seluarbiasa itu, saya selalu tahu bahwa mereka keren, tapi penampilan mereka kemarin benar-benar luarbiasa (setidaknya cuman mereka yang berhasil bikin anak-anak JRF headbang). Bawain Kodoku, Child Prey dan yang bikin saya loncat-loncat setengah gila... 3rd Empire, sumpah keren banget!!! Komentar anak-anak JRF pun ok, "kayak nonton konser beneran", permainan mereka didukung banget ama sound systemnya, jauh dari sound standar acara-acara di bandung, hmmm... emang level performance Jakarta itu beda ya.

Amakusa? saya beneran speechless ngeliat band ini manggung. Skill oke ditambah muka jadul dan X-japan, pencampuran yang unik banget, klasik tapi tetap mencengangkan. Mereka ngingetin saya ama Dreamtheater dan saya benar-benar semangat buat mengatakan bahwa mereka adalah band yang punya skill yang cukup buat mainin Dreamtheater. Gitar yang rada sinting, suara vokalis yang klasik abis dan drummer yang cukup gelo, udah cukup buat bikin saya nahan nafas sejenak, mereka bukan lagi standarnya band kacangan. Udah deh bang, mainn Dreamtheater deh sekali-kali.

Dari seharian acara, cuman tiga band itu yang saya perhatiin, susunan acara, susunan stand sampai tempat pelaksanaannya bener-bener gak menarik buat diliat, dan saya kecewa ama penempatan panggungnya, gak dalam posisi asik buat diliat dari manapun. Akses pandangan ke panggung terbatas, apalagi menjelang sore saat banyak orang nongkrong depan panggung, yang belakang udah gak bisa ngeliat apa-apa selain punggung orang. Selewat maghrib saya sudah keburu pusing ama manusia yang berseliweran dan udah gak punya ketertarikan lagi buat nonton Melody Maker, padahal bisa dibilang itu salah satu tujuan kita dateng ke GJ 2008, tapi gimana ya... udah terlanjur bosen dan kecewa ama acaranya. Kalau mau dibandingin ama acara dengan level sejenis, saya lebih mereka puas dengan acara tahunannya Nippon Club Bina Nusantara, kerasanya lebih berkelas dan fokusnya jelas, gak bikin pusing. Akhirnya sekitar jam delapan semua orang udah males dan kita pun langsung cabut pulang ke Bandung.

Ya, sudahlah, masukan aja buat panitia acara selanjutnya, jangan ngadain di tempat itu lagi karena sempit dan panas banget, audisi band dibenerin, jadwal acaranya diperjelas. Begitulah, saya gak nyesel dateng ke GJ 2008, tapi gak juga merasa suatu hal yang istimewa dari acaranya, hal yang saya pikirkan setelah pulang dari sana hanya satu hal : semoga Jaiko mau sering-sering manggung di Bandung.

4 comments:

Anonymous said...

gitaris nya amakusa ada di FS JRF tuh....ada di comment..
tnyata dia gitaris nya Black Lavender mungkin punya 2 band
namanya Eben..

Unknown said...

btw... headbang tuh sebenarnya apaan sih?

Unknown said...

headbang? gimana ya... sulit dijelaskan dengan kata-kata :p

Anonymous said...

Masya Allah...

serem amat Put...
headbang tuh ngangguk2x ajeb2x olahraga kepala.

http://en.wikipedia.org/wiki/Headbanging