Wednesday, May 7, 2008

Komputer dan insomnia

Kerja di depan komputer sebelum tidur itu bikin susah tidur. Dan ternyata inilah penyakitnya, saya bukan keserang insomnia, tapi emang tiap malem pasti saya ngendon depan komputer, buat sekedar cek email ama blog, atau ngerjain tugas (TA??? yg pasti bukan!!!).

Tapi gimana lagi dong? kalo saya gak ngerjain tugas malem-malem sebelum tidur, kapan lagi saya ngerjain tugas? Karena ternyata sefektif-efektifnya waktu di kampus, tetep aja gak seenak ngerjainnya di malem hari. Tapi gak tahan juga kalo harus tidur jam 2 pagi tiap hari, pagi-paginya gak seger pas berangkat kuliah, masih ngantuk. Dan dengan melihat cuaca akhir-akhir ini, kombinasi ngantuk sama hujan bener-bener bukan kondisi yang baik buat bikin orang produktif.

Solusi yang baru terpikir adalah mengembalikan kebiasaan baca buku sebelum tidur. Mungkin itu bisa sedikit mengistirahatkan otak sebelum benar-benar tertidur. Baru dicobain dua hari dan memang cukup efektif, setidaknya saya bisa maksain diri buat tidur jam 12 lebih dikit.

Kira-kira ada yang punya usul lain???

nb: jangan kambing hitamkan kopi, seperti komentar "jangan minum kopi lagi", karena dijamin gak akan saya ikutin :p Lagian kopi gak ngaruh ama kebiasaan tidur saya.

1 comment:

Anonymous said...

Gak usah tidur malem aja, tapi pagi/siang. Selasa dan Rabu kemarin saya berhasil melakukannya. Pas Selasa bangunnya jam 8 pagi (tidur abis subuh), terus mikirin PR ampe hari Rabu jam 8 pagi lagi; kuliahnya jam 9-10, dah itu ngoprek komputer dan baru tidur lagi hari Kamis jam 2 pagi. Setelah subuh pun tidur lagi ampe Dzhuhur. Jadi kalong deh...