Monday, September 15, 2008

Drupadi


Dian Sastro akan tampil lewat satu film baru, Drupadi. Disutradai Riri Riza, diproduseri oleh Mira Lesmana, Wisnu Darmawan dan Dian Sastro sendiri. Film ini digemborkan sebagai "Sebuah film  kolaborasi seni peran, musik dan tari". Waw, menarik, saya penasaran. Tapi terlebih dahulu saya ingin mengetengahkan plus dan minus dari versi saya


PLUS
  • Cerita ini diangkat dari epik Mahabharata, yang sumpah setengah mati saya suka, uniknya, sudut pandang cerita difokuskan pada Drupadi, Pancali... istri dari kelima Pandawa, dan saya tambah senang karena akhirnya bisa melihat satu cerita dari sisi perempuan. 
  • Dari snapshot foto-foto di blognya Dian Sastro, saya ngeliat beberapa adegan yang saya suka. Saya suka nonton akting orang, saya suka denger musik dan saya suka nonton tari, akan luarbiasa kalo semua itu bisa dirangkum di satu film.
  • Ada Butet Kertarajasa berperan sebagai sengkuni, pantas dinantikan.
  • Ada Bagong Kusudiardja sebagai Co-produser, dan penari yang berperan disini adalah bagian dari padepokan seninya.
  • Ada Djaduk Ferianto sebagai penata musik, kurang apa lagi coba???
  • Akhirnya ada film Indonesia yang rada kolosal. Hehehe... film kolosal terakhir kita apa ya??? Pernah bikin emang?? Eh 'Tutur Tinular' ama 'Pelangi di langit Majapahit' itu masuk film kolosal gak? soalnya itu keren! Film silat terakhir yang keren! Dan saya belajar sejarah Majapahit dari film ini, berhubung buku sejarah SMP membosankan sekali.


MINUS
  • Arjunanya itu Nicholas Saputra, entahlah... buat saya muka dia itu emang cocoknya jadi Rangga aja (pas dia jadi Gie juga saya gak suka), eh... pas jadi Joni dia lumayan deng. Berarti Nico itu pantesnya jadi orang judes banget atau rada bego :D *piss ah*
  • Sutradaranya Riri Riza. Saya tahu Riri Riza adalah sutradara hebat, tapi dari seluruh karyanya gak pernah ada satu pun yang bener-bener saya suka. Saya masih kecewa dengan hasil yang ditampilkannya lewat Gie. Dan saya juga masih rada kesel karena dia yang menggarap Laskar Pelangi (sebelumnya saya berdoa supaya yang bikin bakal Garin). Laskar Pelangi belum rilis, dan Drupadi juga belum rilis, semoga dua film ini bisa mengobati kekecewaan saya. 
  • Entah kenapa gak ada tokoh Krisna. Mungkin ini cerita sampai acara main dadu aja ya... gak ampe perang kurusetra, tapi kan harusnya Krisna udah muncul dari awal-awal??? Mahabharata tanpa Krisna, entah bakal kayak apa jadinya.
  • Kayaknya yang bakal ditampilin itu lebih ke versi jawanya. Saya gak tau sejauh apa bedanya dengan versi Indianya, tapi semoga gak jauh-jauh amat, soalnya yang saya tau dan saya suka itu versi indianya.


Oke, segitu dari saya. Film ini bakal dirilis pas JIFFEST Desember nanti. Hoho... semoga saya bisa nonton langsung ke Jakarta sana. Yup, mari kita nantikan film ini.

No comments: