Monday, September 22, 2008

Sedikit curhat, mengharap solusi

Saya lagi kesel ama satu orang. Sebenernya ini adalah kekesalan langganan, alias pasti berulang setiap kali saya ngobrol dengan orang tersebut.

Begini, ada satu orang yang saya kenal dan notabene lebih senior dibandingkan saya. Si orang ini orang yang pada dasarnya cukup punya potensi, isi pembicaraannya gak kosong dan pandangannya pun cukup luas. Yang saya geuleuhkan adalah DIA SELALU MENYITIR ASUMSI ATAU PENDAPAT PRIBADI SEBAGAI FAKTA YANG TERKESAN MUTLAK KEBENARANNYA. Mengapa perlu saya capslock kalimat itu, karena yang saya tahu begini : anak SD aja udah diajarin gimana membedakan pendapat ama fakta lewat pelajaran bahasa indonesia, lantas mengapa beliau yang bertitel sarjana gak bisa membedakannya dengan tepat? apa beliau tidak lulus SD? atau nilai bahasa indonesianya jelek banget?

Bagaimana saya tahu kalau dia menyitir pendapat pribadinya sebagai fakta? karena saya tahu dia tidak men-cek dan ricek apa yang dia kemukankan tersebut. Saya wara-wiri di sekitar objek yang dibicarakan lebih lama, berinteraksi dengan hal tersebut lebih intens dan lebih lama, walaupun begitu, saya tak pernah menyebutkan pandangan saya terhadap objek tersebut secara yakin sebagai fakta. Sekarang, ada orang yang tiba-tiba mengajukan satu pendapat, tanpa dasar, tanpa pengamatan, hanya berdasarkan asumsi setahun atau dua tahun kemarin, memaksakan itu sebagai DATA untuk hari ini, detik ini, mana bisa saya terima!!!

Haaahhh... saya merasa kesal, sebel dan gemes ama orang ini. Kesal karena dia main justifikasi sembarangan, sebel karena sebenarnya saya tahu orang ini gak terlalu banyak tahu, dan gemes karena pada dasarnya saya tahu dia punya kapabilitas untuk menilai dengan lebih baik.

Kalo saya pikir kembali ada satu penyebab kenapa orang dengan kemampuan seperti beliau bisa terseret ke perilaku sok tau macam gitu: dia udah lama menghilang dari peredaran, tapi tetep pengen eksis diantara orang-orang yang masih beredar! Kenapa saya yakin dengan alasan ini? karena kadang saya pun terjebak dalam situasi seperti itu. Keinginan dan kebutuhan untuk tetap eksis memang terkadang menjerumuskan kita pada taraf manusia sok tau, itu wajar bagi setiap orang. Tapi ke-'wajar'-an inu wajarnya terjadi sekali atau dua kali, kalo tiap kali ngomong atau diajak diskusi kelakuannya kayak gitu, itu mah emang orangnya sok tau beneran!

Haduh, saya bingung sebenernya ngasih tau orangnya, karena dia itu tipe manusia yang selalu pake kacamata kuda kalo soal nilai-menilai, bagus-gak-bagus. Dan kenyataan bahwa dia senior saya semakin menyulitkan posisi saya untuk memberikan masukan padanya, pasalnya dia menanggap level saya ada di bawah dia, dan akan sulit buat ngomong ke orang yang udah ngerasa posisinya lebih tinggi dari orang lain, orang kayak gitu kebanyakan 'ngerasa' daripada 'ngeliat' jadi gak tau mana kenyataan dan mana impian. Haaahhhh... sulit, akhirnya saya cuman bisa ngeluh kayak gini. Saya bener-bener berharap dia dapat memperbaiki diri, lebar soalnya kalo orang yang se-oke dia terpuruk karena ego sendiri, orang oke udah susah dicari sekarang.

8 comments:

Anonymous said...

hmmm,, saya seniornya puput juga,
saya suka sok tau juga,

saya bertitel sarjana juga

nilai bahasa indonesia saya C

saya udah jarang beredar , tapi masih pengen eksis

tapi udah jarang ngobrol sama puput,
jadi kayanya bukan saya yang dimaksud, heu2.

ayo put segera berdamai dengan orangnya!!!

Unknown said...

saya gak di tengah perang kok kang, cuman ya itu..

saya lagi bingung cari cara yang tepat buat ngobrol ke orangnya, mendingan saya ngomong langsung dengan ancaman merusak silaturahmi atau saya diem2 aja... bingung...

Fanny Rosdiawan said...

saya seniornya puput juga,
saya suka sok tau juga,

saya bertitel sarjana juga

tapi nilai bahasa indonesia saya A :p

saya jadi mulai beredar lagi, tapi masih belum eksis

udah jarang ngobrol sama puput (lagian kita jarang ada kesempatan ngobrol panjang),
jadi kayanya bukan saya yang dimaksud, heu3..

ayo put mau lebaran ah!

Fanny Rosdiawan said...

hehehe,,,komen barusan mah heureuy

hmmm... itu juga yang terjadi di dunia luar sana put.
bos-bos kantor saya juga gitu, waktu di jakarta atau di bandung, sama aja tipikal bos kaya gitu.

okelah kalo yag didiskusikannya kebijakan tentang perusahaan atau kepentingan kantor, saya ga bisa apa2, tapi padahal yang didiskusikan adalah masalah yang commonsense yang setiap orang punya pandangan masing-masing...

hmmm...saya juga masih belum nemu cara yg tepat untuk bisa berdiskusi secara "seimbang" dengan beliau sih...
mudah2an suatu saat kita dapat solusinya

Unknown said...

@ k'fanny : nuhun kang, hmmm... kalo dipikir beruntung juga saya dikasih senior yang begitu, jadinya saya bisa latihan menghadapi orang yg kelakuannya beda-beda... haha... oke juga tuh... :)

anggun oktari said...

saya juga seniornya puput, uda sarjana, kadang2 suka sok tau juga, meski uda sedikit ga eksis.. jadi emang bukan saya kayanya.. heu

hmm idem sama kang fani.. di dunia luar kampus a.k.a dunia kerja, yg kaya beginian terjadi juga ama saya

bos yang visioner tapi sering memaksakan kehendak.. menganggap asumsinya adalah asumsi dewa yg kudu dilaksanakan, pake kacamata kuda ato telinga kuda yaa? ga mau denger pendapat org lain..

mun ceuk abah mah
'kau pikir dosenmu menyebalkan?? tunggu sampai kau kenal bos mu!" heu

Astrid said...

huwaa...sgitunyakah, teh anggun? "tunggu bosmu?" hahaha..

saya bukan senior puput, jadi kayanya bukan saya juga:)

eh, put..sampein aja, kmu kan punya banyak vocabulary lebih banyak dr orang lain..hehe. Tapi sampeinnya nyantey..jgn seolah-olah 'dia menyebalkan' adalah fakta..hehe.

Anonymous said...

menyitir itu apa ya..?