Wednesday, September 3, 2008

Siang ini... sampai sore...

Sudah dua kali ganti cartridge dan masih aja nyeleneh hasil print-nya, ni printer beneran ngajak gw berantem deh. Lirik jam, jam 2 lebih dikit. Ya Tuhan... Akhirnya gw bongkar lagi printernya, dikeluarin lagi cartridgenya dan ditetesin lagi tinta. Pasang lagi, dan mulai print ulang, satu halaman buruk tapi ternyata sudah bagus untuk halaman selanjutnya. Pliss deh, kalo butuh 12 lembar kertas untuk test print, sama aja ngerugiin!!!

Print semua, bolak-balik, gw udah rugi banyak kertas, 54 halaman, sip...bisa ditinggal. Lari ke bawah, masuk WC, ambil air wudhu dan sholat dzuhur. Yup, gw baru sholat dzuhur jam 2, bulan ramadhan pula... betapa gw rugi besar! Selesai sholat, ngebalik hasil print-an halaman ganjil sebelumnya, ngelanjutin print halaman genap. Nyambar jilbab seadanya, dipake seadanya, yang penting rapi. PRINT SELESAI! oke...oke... musti kita apain?? di jetrek aja?? atau pake jepitan kertas?? DI JETREK aja!

'trek...', buset dah gak kuat hekternya, ya udah dijepit juga biar gak lepas-lepas. Dimana pula tu jepitan??? oya, di tas laptop bareng draft yang lama. Diambil, dan dijepitlah tu kertas. Yup, draft pertama selesai. Lirik jam, setengah tiga. Ngampus gak ya??? emang pembimbing gw ada di kampus jam segini?? Haaahhh... hajar aja. Pergilah ke kampus.

Nyampe kampus, langsung jalan ke radar. Sempet lewat LSS dulu dan ketemu beberapa 2006 yang kayaknya lagi pada ngomongin pementasan. Si Poi dan kawan-kawan nampak sudah mulai bertugas sebagai sarpen baru, hehehe... semangat ya bu! Hai-hai-an bentar dan langsung ke radar. Nyampe sana, seperti biasa, sepi! Ngelirik ruangan pembimbing, pintunya kebuka dikit, lirik ke dalem, ada! Yeee... ngetok bentar dan akhirnya masuk. Mulai deg-deg-an... dan ternyata...

gw : ini pak, saya sudah mengerjakan draft awalnya, silakan bapak periksa.
pembimbing : oh, ok saya periksa, tadi juga ada yang kasih saya draft.
gw : gini pak, tapi saya gak masukin analisi BER-nya, soalnya kemaren saya cobain tapi hasilnya aneh gitu pak, jadi akhirnya gak saya masukin.
pembimbing : lho, bagaimana dinilainya kalo gak ada BER?
gw : ya saya pikir saya membandingkannya lewat perilaku SIR ama daya transmitnya aja pak
pembimbing : iya, tapi kan dalam pembuktian ilmiah perlu ada angka pasti yang bisa diliat, bukan berdasarkan asumsi saja, kalo membandingkan SIR saja kan anda tidak bisa bilang itu sama atau tidak.

-dalam hati- iya pak saya tau, tapi saya mentok simulasinya!

gw : iya pak say amengerti, tapi kemarin saya coba simulasi pake syntax yang dulu bapak kasih dan hasilnya aneh pak, untuk SIR based yg fixed step saja kinerjanya malah lebih buruk dari kanal fading.
pembimbing : ya memang anda musti lait dulu keseluruhan, mungkin ada variabel yang musti diubah

-dalam hati- haduh pak, masalahnya saya bego matlab nih...

gw : yaudah pak kalo gitu, mungkin yang ini bapak periksa dulu, dan saya mencoba lagi untuk ngerjain BERnya.
pembimbing :ya silakan, nanti saya periksa pekerjaan anda, saya akan puas kalau anda bisa melakukannya sampai BER, tapi kalau tidak silakan anda cari variabel lain yang bisa dijadikan parameter kualitas power control anda ini.
gw : iya pak, terimakasih banyak pak...

Keluar dari ruangan, keluar dari radar, dan AAARRRGGGhhhh...

BEGO! gw tahu, gw tahu banget kalo itu penting dan harus dilakukan, masalahnya dari dulu setiap kalo simulasi gagal gw langsung males dan ngelewat prosesnya. Sekarang gambling bisa diterima tanpa BER, ternyata... haduh... dasar gw BEGO! Haaahhh... sekarang gw tau, gw selalu frustasi kalo ngerjain sesuatu karena gw bisa ngeliat yang bagus itu gimana, yang perfect itu gimana dan masalahnya gw-nya sendiri gak bisa ngerjain itu sampai perfect sampai sebagus yang gw tau, yang susah itu bikin diri gw sendiri puas! Haduh... bisa gila! Gw ini ya, evaluasi aja jago, tapi bagian ngerjain mah sama aja bego! Gw jadi kesian ama orang-orang yang dulu gw evaluasi, haduh mereka pasti kesel ama gw, gw aja kesel ama diri gw sendiri.

Haduh, semangat! SEMANGAT!!! Seminggu lagi, pasti bisa... harus bisa!!! SEMANGAT!!!

No comments: