Thursday, March 27, 2008

Angkot Bandung Mogok!!!

Kemarin angkot se-Bandung Raya mogok!!! Bahkan terminal cicaheum yang berada di rute saya menuju kampus terlihat penuh oleh bis bahkan truk tentara, tapi tak ada satu pun angkot ngetem disana, pemandangan yang mustahil kejadian kalo gak ada apa-apa.

Katanya angkot-angkot itu menuntut keadilan dalam pembagian trayek yang katanya gak terlalu adil dari segi pendapatan penumpang sedangkan setoran tetap sama. Terus para sopir angkot juga kesel karena menjamurnya ojek motor di wilayah trayek mereka "udah mah penumpang jarang, diambil lagi ama ojek" itu yang dibilangin salah seorang sopir angkot Dago-Kalapa yang saya tanya pagi ini.

Walah... mungkin hak para pengemudi angkot buat menuntut keadilan, tapi kami sebagai warga Bandung pun punya hak untuk diangkut ke tempat tujuan. Masalahnya, gara-gara mogok masal ini beberapa temen saya kesulitan buat pergi ke kampus. Solusinya macem-macem, ada yang jalan kaki (kalo kos-annya deket ama kampus), ada yang nebeng temennya yang bawa mobil, ada yang minta dijemput temen/pacarnya, ada yang bawa sepeda, bahkan ada yang nge-gusur kakak/adik/ayahnya dari pekerjaan buat nganterin ke kampus, nah... kalo udah gitu kan semua orang yang rugi.

Tapi dibalik kekesalan gara-gara gak ada angkot, ada yang justru merasa senang dengan pemogokan angkot kemarin. Beberapa temen lain yang bawa kendaraan sendiri malah merasa hari kemarin itu surga dunia. Gak ada angkot yang nyerobot mereka pas lagi belok, gak ada angkot yang sembarangan berenti, gak ada angkot yang ngetem sampai ngehalangin jalan, dan gak ada angkot yang biasanya ugal-ugalan di jalan, dan asap kendaraan berkurang drastis di jalan. Berhubung umur mobil angkot itu biasanya udah tua, jadi asap knalpot nya itu cukup buat bikin orang sehat mendadak asma. Beberapa anak teknik lingkungan malah mengusulkan dengan semangat supaya mereka ngukur emisi gas buang kendaraan hari itu, mereka optimis kalo emisinya pasti berkurang banyak dari biasanya.

Saya sendiri tak terlalu terpengaruh dengan pemogokan angkot. Soalnya kemana-mana saya selalu dianter ojek pribadi, kakak saya :D Tapi mogoknya angkot ini bikin saya jadi ada bahan obrolan dengan temen-temen yang lain. Bosen kan kalo tiap ngobrol bahasannya selalu TA, nikah ama LSS... sedikit intermezo lah di tengah kesibukan :)

1 comment:

Laksmi Larastiti said...

YEAH. angkot bandung mogok memberikan keuntungan sendiri teh , buat sy mah. haha.
niwey, jadi addicted dan kabita gara2 banyak ngebaca machiato, latte, dan lainlainnya. aah. starbucks .... janganlah hargamu naik semudah bbm. *naon si ?