Thursday, March 27, 2008

Solusi diri

Banyak orang bilang, "saat ingin mencapai satu tujuan, paling susah itu memulai dan mengakhiri sesuatu, kalau menjalaninya sih biasanya lebih gampang". Itu orang yang bilang... karena buat kasus saya kejadiannya sama sekali gak seperti itu.

Saat saya punya tujuan, saya lebih mudah dalam memulainya. Membuat rencana, menyiapkan kebutuhan dan kemudian memulai proses awal. Mengakhirinya pun cukup bisa saya lakukan, karena sudah ada bahan dari awal ampe akhir, tinggal menyempurnakan yang sudah ada. Dari kebanyakan kasus yang saya alami, kedua hal itu bukanlah masalah utama saya. Yang paling bermasalah buat saya ada proses. Kenapa? karena saya manusia yang sangat fluktuatif.

Mood saya itu gampang banget berubah, menyebabkan saya kurang bisa konsisten. Hal kecil saja bisa bikin mood saya berubah 180 derajat. Kejadian gak penting aja bisa bikin saya males buat ngapa-ngapain. Bahkan hal sesimpel 'gak ada lagu bagus' aja bisa bikin saya mati gaya. Kadang saya merasa diri saya itu nyebelin juga...

Saya belum dapet solusi yang ampuh buat ngatasin kondisi ini. Di kuliah Manajemen Potensi Diri kemaren ada yang juga mempertanyakan masalah ini, tapi saya sendiri kurang merasa puas dengan jawaban dari ibu dosen soalnya semua solusi itu udah pernah saya praktekin dan gak ampuh. Mungkin saya akan mencoba untuk mendiskusikan ini lebih lanjut dengan bagian konseling. Seperti kata dosen saya, "konseling gak cuman buat 'anak bermasalah', tapi konseling itu buat semua siswa yang merasa butuh buat konseling, bukan buat diceramahin, disini kita diskusi bersama buat setiap solusi yang bisa mengganggu kegiatan Anda sehari-hari, jadi jangan ragu kalau misalnya Anda merasa butuh konseling".

No comments: