Saturday, April 12, 2008

Have a little Hope

Minggu yang berat. Banyak banget kejadian aneh-aneh minggu ini, bikin saya stress...setengah gila...amnesia (ampe lupa ngasistenin labdas) dan laen-laen. Parahnya, di minggu yang sesibuk ini saya gak nenggak kopi segelas pun... gimana gak gila???

Akhirnya, siang tadi saya kabur dari semua rutinitas dan kembali 'wisata nongkrong' bareng Ditha, dia juga sama-sama lagi stress rupanya. Yang dijambangin kali ini adalah Hope cafe, hehehe... akhirnya saya kesana juga. Ujan lagi gede banget pas saya sampai, dan begitu masuk ke dalem si Abang Tukang Kopi ternyata udah bisa ngenalin saya :p

Seperti biasa, kalo dateng ke tempat ngopi baru yang dipesen adalahcafe latte, buat temennya saya pesen Cheese Fritters. Ditha pesen Frostissimo ama club sandwich. Gimana lattenya? So far, ini yang paling ok yang pernah saya coba. Awalnya saya bingung kenapa rasanya beda dari latte umumnya yang sudah pernah saya coba, ini kerasanya lebih gurih dan lebih kopi. Ditha aja ampe bilang ni kopi enak, padahal jarang2 Ditha bisa ngebedain rasa kopi :D Terus, ketika saya dikasih gratisan secangkir latte lagi, dari biji kopi yang beda, saya langsung tau bedanya. Kopinya gak kerasa asem di lidah. Ternyata Lavazza yang dipake di Hope itu jenis kopi Robusta, sedangkan latte kedua itu pake kopi arabica, dan jenis biji kopi arabica yang umumnya dipake ama kedai-kedai kopi yang ada (termasuk starbucks).

Hoho...saya baru tau ini, setelah itu kita langsung chit-chat soal perkopian. Segala macem diomongin, dari mulai tipe-tipe kopi, review beberapa kedai kopi, soal forum coffee maniacs ampe latte art. Pas ngomongin latte art ini kita ampe buka YouTube, nyari beberapa video latte art yang beneran menarik banget deh. Beberapa barista staf Hope cafe juga ngeliatan hasil latte art yang menurut saya udah termasuk keren banget (karena kayaknya susah bikin begituan), yang lattenya langsung ditawarin buat saya minum, dan langsung saya embat :p Hahaha... paling gak bisa deh nolak kopi enak...

Selain kopinya, tempatnya juga cozy. Banyak sofa empuk, ada perpustakaan mini yang bukunya macem-macem dan tentu saja FREE WiFi!!! Plus, ada satu nilai tambah yang cuman saya temuin di cafe ini, owner yang asik diajak ngobrol. Hehehe... setelah beberapa kali ngobrol lewat Ym ama si Abang Tukang Kopi, ternyata jauh lebih enak ngobrol ama orangnya langsung. Dari awalnya ngomongin kopi bisa melebar kemana-mana, bisnis seluler lah, soal komputer lah, ampe soal UU ITE yang bikin beberapa situs di-blok beberapa waktu kemaren. Si abang ini emang up-to-date ampe bisa diajak ngobrol kemana-mana.

Pokonya bener deh, walau mungkin tempatnya rada jauh dari daerah jajahan saya, saya gak ngerasa nyesel dateng kesana. Bisa jadi salah satu tempat nongkrong kalo lagi stress, dan juga kalo lagi butuh tempat buat ngerjain TA. Pokonya, good coffee, good owner, cozy place... it's really a nice place to hangout. Thanx banget deh dulu udah nyasar ke blog saya, jadinya ada supply tempat nongkrong baru :)

"the good thing about caffeine is addictive but also legal"
[thetoomuchcoffeeman]

foto lainnya lihat di sini.

1 comment:

Unknown said...

wooo... ada koreksi dari Abang Tukang kopi...

Soal Lavazza itu ternyata saya salah nangkep, Lavazza itu blend dari Robusta dan arabica tapi gak terlalu acidic. Arabicanya lebih banyak soalnya robusta untuk tambah kuat aja.

Sedang, kopi yang dipake di latte yang kedua itu sama-sama blend arabica ama robusta, cuman presentasinya gak tau (rahasia perusahaan).

Arabica itu agak asam tapi wangi, kalo robusta lebih kuat. Orang italia sukanya arabica ditambah sedikit robusta biar wangi dan agak kuat, kalo orang Indonesia senengnya robusta.

Hehehe... sekilas koreksi dari bang Tukang Kopi barusan [kopipedia nih :p]