Saturday, August 18, 2007

Bumi, bintang dan semesta

Harusnya postingan tentang tahun ajaran baru tadi menjadi satu-satunya postingan hari ini. Tapi saya baru saja mendapatkan satu sms dari si Putri dan mau tak mau saya ingin membahasnya...

Putri:
Kalo bumi aja udah dilengkapi dengan segala kebutuhan manusia, terus kenapa alam semesta mesti tercipta segitu luasnya? Bintang yang milyaran itu gak mungkin cuma buat menghias langit kan...
Dan saya me-reply begini:
Bumi ini merupakan satu efek yang muncul akibat benturan beberapa pendahulunya di alam semesta. Kita bukan makhluk awal penghuni semesta. Bumi memang lengkap, untuk manusia. Dan semesta itu ada agar bumi senantiasa dapat tetap lengkap. Untuk kehidupan sekarang dan selanjutnya.
Saya jadi ingat pelajaran jaman SMA dulu tentang teori gaya tarik menarik antar partikel yang dikeluarkan cowoknya si Seramika, Isaac Newton. Jadi inget ama guru fisika SMA, Pak Tata. Beliau bilang efek yang paling besar dari teori gaya itu terlihat dari posisi benda angkasa di semesta. Dan bisa dibilang keberadaan satu benda di semesta ini sangat berhubungan dengan kestabilan seluruh alam semesta, dan pastinya berefek pada kehidupan setiap makhluk di bumi. (sebenarnya saya tak terlalu yakin kalau makhluk hidup hanya ada di bumi, tapi tak mau percaya juga kalau belum ada bukti benarnya, untuk singkatnya marilah kita mengimani kalau makhluk hidup hanya ada di bumi)

Kang Acung, senior saya anak LSS yang sudah lulus dari jurusan matematika pernah menceritakan satu cerita tentang sebab akibat. Katanya, satu kepakan sayap kupu-kupu di Inggris bisa menyebabkan badai katrina di Amerika Serikat. Syukurlah dia tidak menceritakan detilnya sampai ke perhitungan matematis, karena saya jamin saya akan pusing. Tapi dari hal itu saya pun bisa mengambil kesimpulan, setiap hal yang diciptakan, kecil atau besar, secara matematis atau tidak, punya efek dan keterkaitan dengan hal lain. Keterkaitan itu akan selalu ada, hanya mungkin saja untuk beberapa hal kita tak tahu.

Memang....Allah memang Maha Luarbiasa!!!

4 comments:

machmoey said...

Percaya sama yang gaib juga dong put. ^_^.
Kupu2 tuh "butterfly effect" kan?.
jangankan kepakan sayap kupu2, puput bersin juga bisa terjadi gempa disuatu tempat.. hihihihihihi...

anggun oktari said...

aduh seus itu teh bahasan pas sms-an.. aje gile mambo!!

anggun oktari said...

aduh seus itu teh bahasan pas sms-an.. aje gile mambo!!

abahsangpenyamun said...

alam semesta dibuat untuk apa?
emg km yakin bumi ini bs terus jd tempat kita 'manusia' bernaung? no one knows bout the future. ada sesuatu yg disubut transrasional, sesuatu yg dengan akal kita (yang cuma segini2nya ini) ga bs dijelaskan dengan logika saat ini..
makanya ada lagu.. dimana,, logika,, iya ga ngun? muy?
pis ah..