Friday, August 31, 2007

Palm Vein Identification

TELAH DIBANGUN!!!

Satu gerbang baru menuju kehidupan, yang Insya Allah, akan lebih baik. Satu kalimat pembuka dari seruntuyan kalimat yang akan tersusun menjadi LAPORAN TUGAS SARJANA.

PALM VEIN IDENTIFICATION... atau Identifikasi Pembuluh Telapak Tangan... Itulah topik yang akhirnya diputuskan untuk diangkat pada tugas akhir sarjana saya.

Terimakasih untuk Olivica Priyono, yang karena kreativitas tak terhingganya dia pun menularkan idenya pada saya. Terimakasih pada Ibu Tati Mengko yang memberitahu Vica bahwa jika topik itu dikerjakannya sendiri maka tidak akan selesai dengan memuaskan, jadilah dibagi dua dengan saya.

Inti pembahasannya adalah tentang image processing dan identifikasinya. Vica akan berkutat dengan kompresi citra dan saya akan bergaul akrab dengan komparasi teknik identifikasi kode hasil kompresi tersebut.

Yup, memang pengetahuan saya masih kurang, memang ilmu saya masih terbatas dan memang belum terlalu tahu tentang hal ini. Tapi saya akan berusaha dan akan terus mencari tahu. Dan mungkin suatu saat bisa membuat keadaan seperti ini: masa dimana kartu identitas, kartu ATM dan pin tidak akan berguna, dimana uang gak punya bentuk fisik. Semua orang hanya butuh telapak tangannya, untuk belanja, beli pulsa, untuk akses ke rekening, untuk transfer uang, untuk bayar listrik bahkan untuk sensus penduduk, cukup tunjukan tanganmu dan selesai. Tapi mungkin kejahatannya pun akan berkembang, orang gak akan lagi nyopet dompet atau ngambil HP, tapi langsung potong tangannya dan bobol saja rekeningnya... kekeke...becanda!!!

- Yang ngejar lulus Juli 2008 -

No comments: