Wednesday, August 8, 2007

Satu jam berharga

Saya bukan penyendiri, tapi saya sangat mencintai kesendirian. Seperti saat ini...

Satu jam di Ngopi Doeloe jalan teuku angkasa. Ditemani laptop, segelas lemon tea, sepiring spaghetti marinara dan tentunya ditutup dengan segelas cafe latte panas. What a nice moment!!!

Yang enak dari pergi sendirian kemana-mana adalah pikiran saya benar-benar terbebaskan. Penilaian dan analisis saya bisa terbang kemana-mana. Saya bisa memperhatikan orang sebanyak yang saya mau, melabeli mereka terserah saya tanpa perlu pusing atau debat pendapat dengan orang yang menemani saya jalan, karena saya jalan sendirian!!!

Gak jarang ketika proses memperhatikan orang itu saya nemu jawaban buat masalah yang sedang saya hadapi, atau ide untuk melakukan sesuatu kalau saya lagi bosan. benar-benar menyegarkan...

Sekarang saya sedang duduk sendirian di meja pojok. Di meja depan saya ada satu pasangan muda yang masing-masing bawa laptop ngenet masing-masing tapi masih ngobrol bareng, saya jadi mikir gimana kalo misalnya setiap orang itu ternyata lagi YM-an ama selingkuhannya dan dia tetap ngomong mesra ama pacarnya di seberang meja, hihihi lucu tuh.

Di sebelah meja pasangan muda itu ada seorang mbak pake jilbab duduk sendirian juga dengan laptopnya. Di mejanya ada sepiring mie goreng, semangkuk sup dan sebungkus rokok. Hmmm...mbak itu kurus banget, ngingetin saya ama Nicole Richie (cuman yang ini pake jilbab), jadinya saya mengira-ngira apa dia kena eating disorder ya?? berhubung kedua jenis makanan di mejanya masih penuh dan baru sedikit disentuh (padahal dia lebih lama duduk disana daripada saya) dan udah gitu dia perokok pula...

Di sebelah tu mbak ada dua cewek, kayaknya sobatan. Dari tampilannya mereka pasti mahasiswa dan saya menebak mereka anak sosial, entah kuliah di Unpad atau dimana, kayaknya di Unpad soalnya kampusnya deket sini. Di mejanya ada dua laptop, mereka duduk deketan dan ada buku bertumpuk, mungkin lagi ngerjain tugas. Karena lagi ngerjain tugas, saya gak mau gangguin mereka, meski lewat pikiran saya.

Di sebelah dua cewek itu ada seorang mbak berjilbab lagi. Duduk sendirian. Anteng banget dengan laptopnya. Lemon tea nya udah raib dari tadi, dan dia gak pesen tambahan lagi. Mbak yang ini kayaknya nyantei banget. Dandanannya cukup cewek-banget, tapi setelah saya perhatikan di dekat kakinya ada helm warna pink...wow...a motorcycle rider. Hmmm...pasti motornya matic...

Kemudian terakhir yang bisa saya liat dari pojok sini...segerombol mbak-mbak umur antara kurang-lebih 23-25an. Barengan di satu ruangan. Ngobrol keras-keras dan duduk seenaknya. Pasti geng cewek nih, standar, cewek kalo udah disatuin ama sebangsanya suka ribut dan ngobrol ngaler-ngidul, gak peduli suara mereka sekeras apa, gak peduli yang mereka omongin itu gosip atau fakta, yang penting rame. Dari sejam tadi saya duduk disini, beberapa kali dikagetin ama suara ketawa mereka dan mau gak mau saya ngelirik kesana. Lucu juga. Soalnya saya juga kadang-kadang gitu kalo lagi pergi bareng beberapa teman cewek.

Dan kemudian pengamatan kembali pada saya. Apa yang dilakukan cewek umur 19 tahun sendirian, di suatu pojok kedai kopi, dengan minuman yang udah dua kali ganti dan earphone memblokir telinganya dari suara luar??? pertama kali semua mikir 'dia pasti lagi nungguin orang', tapi sudah sejam gak ada orang dateng, berarti kemungkinan itu gagal. Apa kemungkinan lain? hmmm...di sebelahnya ada buku terbuka, mungkin lagi ngerjain tugas!!! setengah bener, tapi udah sejam dia gak ngebalik sehalaman pun, berarti kayaknya tugasnya udah beres. Terus apa yang kesisa?....mungkin dia orang kurang kerjaan yang lagi pengen nge-net aja, sekedar check email, buka friendster dan nge-blog...hehehe...setengah benar juga.

Dia memang nge-net, check email, buka friendster dan nge-blog tapi bukan karena kurang kerjaan...kerjaannya lagi banyak, bahkan bikin dia pusing setengah mati. Dia duduk disana sendirian, untuk menenangkan diri. Memperhatikan bagaimana orang melalui hidup mereka untuk akhirnya mencari ide untuk hidupnya sendiri. Dia sedang menikmati kesendirian yang disukainya, karena dua minggu ini orang lalu-lalang di pikirannya tanpa permisi sama sekali. Dia sedang merenungi eksistensinya, karena baru tadi pagi dia frustasi memikirkannya. Dan dia baru saja memutuskan untuk kembali ke kehidupan padatnya, menghadapi tugasnya yang segunung dan menghadapi adik kelasnya yang lagi seratus kali lebih sibuk dari dia.

Recharge udah beres. Yo, mungkin ampe senin besok saya bisa nahan diri dari marah-marah dan berkata 'saya capek'. Gak usah pusing karena alhamdulillah-nya saya gak punya pacar dan selingkuhan untuk diperhatikan, gak keserang eating disorder jadi tetap bisa makan apa saja sehingga energi pun akan terus bertambah, gak ada tugas karena masih liburan, gak punya motor jadi gak usah mikirin duit buat bensin dan gak punya teman-teman untuk diajak ribut di satu kafe. Sampai nanti....

1 comment:

Unknown said...

hi put,,ini fitria,,dulu kita pernah kenalan di bandung,,moga2 masi inget :)
aku suka post km yg ini,,coz aku sering ngalaminnya ^^