Friday, August 17, 2007

Ngerti karena rame

Ada yang aneh ketika saya pulang ke rumah malam ini. Kakak perempuan saya, Intan, sedang menonton film India di TV, malam-malam? semenjak kapan ada stasiun TV Indonesia yang menayangkan film India di malam hari? ternyata dia tidak menontonnya dari stasiun TV Indonesia, melainkan dari stasiun TV India internasional yang ada di jaringan Astro.

Apa yang mengherankan dari nonton India? bukannya Intan tiap hari nonton India?

Yang mengherankan adalah dia menonton film dengan bahasa yang tidak dia mengerti itu tanpa teks. Saya tahu Intan tidak mengerti bahasa India dan film itu berbahasa India, wajarnya dia tidak mengerti kan? tapi kenapa dia bisa menceritakan kembali cerita film yang ditontonnya itu? Aneh!

Saya sendiri adalah penggemar dorama Jepang, saya tidak mengerti bahasa Jepang jadinya saya menonton jika-dan-hanya-jika ada subtitle-nya. Pernah saya mencoba menonton tanpa subtitle, rasanya aneh sekali, seperti menonton film untuk alien dan jadinya saya tak mengerti jalannya cerita dorama tersebut. Jadi kenapa Intan bisa ngerti cerita film India itu padahal dia gak ngerti bahasa India?

Penasaran saya tanya dia, "kok ngerti sih? kan intan gak bisa bahasa india". Dan dia menjawab, "biarin gak bisa juga, yang penting rame". Dan saya balik nanya, "terus kenapa bisa ngerti?". Intan hanya jawab, "soalnya rame".

Ada hubungan sebab-akibat yang aneh disini. Alur yang saya tahu itu adalah nonton film-tahu cerita-bisa menceritakan kembali-komentar, jadi komentar muncul karena sebelumnya telah ngerti dengan cerita filmnya. Tapi Intan mengatakan "rame" dulu sebelum dia "ngerti", jadinya dia mengerti film itu karena film itu rame?!?!?!?!

Mungkin perlu dibuat suatu riset khusus tentang "kesenangan yang berefek pada pemahaman". Jadi mungkin jika seseorang sudah setengah mati menyukai sesuatu, dia tanpa sadar dapat mengerti hal tersebut. Ya, saya sih tetap merasa ini aneh.

1 comment:

Unknown said...

emang sulit dipercaya sih. tapi gua percaya sama special ability seperti itu.

tau film 'shutter' kan? dulu sebelum diupload di rileks, gua sama temen2 nontonnya dari DVD bajakan yang ga ada subtitle-nya. secara ya itu bahasa Thailand... tapi kita ngerti2 aja tuh :p

setahun kemudian, gua donlot film yang sama dari rileks. catet: ada subtitlenya. dan believe it or not: ceritanya sama seperti yang 'dibayangkan' dulu, hehehe... xD

hebat ya? hihihi...