Sunday, August 12, 2007

Musik untuk hidup

Saya tadi siang jalan-jalan dengan Alia dan beberapa anak LSS. Kami jalan-jalan ke BIP dan makan di food courtnya, cuman saya dan Alia yang pesen makanan, tapi yang makan ada 6 orang. Setelah makan saya buka laptop, niatnya buat akses email lewat hotspot gratis yang ada di BIP. Setelah saya membaca email dari pembimbing KP saya, saya iseng membuka blog dan seperti biasa memeriksa beberapa blog orang, salah satunya blog Ikram.

Agak kaget, karena ternyata postingan barunya adalah lirik lagu 'The Spirit Carries On' dari Dreamtheater. Saya sih langsung melonjak seneng karena saya suka setengah mati lagu itu. Terus Alia bilang, "udah liat postingan dia yang ada foto Batari gak?", saya jawab "gak". Dan kami pun mencari postingan itu, setelah menemukannya saya mau gak mau nyengir juga. Gile...ni orang gak cuman jago nulis aja rupanya ^^. Di foto itu ada sepenggal lirik lagu 'everything' dari Buble, yang banyak sekali disuka orang tapi gak pernah bisa saya sukai. Liriknya bagus sih, tapi saya tetap saja gak terlalu suka musik dengan irama begitu.

Kemudian pikiran saya melayang pada judul postingan ini, musik untuk hidup. Untuk beberapa orang, musik memang berpengaruh kuat. Entah dijadiin ajang mehe-mehe (melow-red), untuk jadi penenang hati, penyimpan kenangan, penginfeksi otak macamnya di training ESQ dsb. Gimanapun setiap orang pasti pernah merasakan satu hubungan intim dengan musik yang berpengaruh langsung pada dirinya.

Seperti lagu yang liriknya ada di postingan terbaru Ikram. Album scenes from a memory adalah album yang akan selalu saya dengar ketika saya pengen menenangkan diri. Karena lagu-lagu yang ada di album itu membuat saya berkhayal, berpikir, merasakan semua emosi dan akhirnya menenangkan diri sendiri, semuanya terjadi secara alami dan tanpa sadar saya jadi sangat sering ngedengerin album itu. 'The spirit carries on' dan 'home' adalah dua lagu yang selalu diputar ulang setiap kali saya mendengar album ini. 'Home' karena lagu itu bisa membuat saya mengeluarkan kemarahan saya yang paling dalam, tanpa ada efek destruktif ke lingkungan dan diri sendiri. 'The spirit carries on' karena setiap ngedenger lagu itu saya selalu merasa tenang, memberi kesempatan pada rasio saya untuk bangun. Dreamtheater memang luar biasa!!!

Terus ada satu lagi yang saya suka, Coldplay, 'fix you'. Lagu ini ngasih semangat banget, enggak dari nada dan irama seperti Dreamtheater (lirik DT juga keren banget sih), tapi dari lirik yang dalem dan ngena banget. Setiap kali saya berpikir untuk menyerah, saya akan dengar lagu ini dan otak saya akan menutup rapat-rapat kesempatan pada lidah saya untuk berkata 'nyerah'.

Musik itu memang luarbiasa, bisa ngasih semangat, membangun optimisme tapi di lain pihak bisa bikin destruktif. Makanya, yang namanya hati-hati itu berlaku juga buat denger musik. Mengartikan setiap nada dan kata itu dengan kolaborasi antara telinga, pikiran dan hati. Agar sadar akan makna, gak cuman sekedar 'kiasan'nya saja. Agar sadar akan fungsi gak cuman akan 'rasa'nya saja.

Beberapa orang mungkin mikir, "ya kalo suka musik denger aja, gak usah ribet-ribet". Mungkin itu sebabnya ada orang yang bisa suka ama lagu Ratu dan Dewi-Dewi, yang sulit sekali saya cerna 'keindahan'nya, saya cukup kagum pada orang yang bisa suka mereka, karena saya gak bisa. Mungkin seperti kata si Putri, buat saya "semua aja dianalisis", jadi denger musik pun dianalisis dari irama ampe lirik. Sesuatu yang bikin hidup saya terkadang lebih susah, tapi jauh lebih mengasikkan.

Jadi, apa musik berefek pada hidupmu???

5 comments:

ikram said...

Jadi, apa musik berefek pada hidupmu???

Buat saya sepertinya sudah jelas iya. Itu lagu Dream Theater penyemangat banget Put! Hehehe. Jadi malu nih dibahas begini..

machmoey said...

berpengaruh put, apalagi klo liriknya pas banget sama suasana hati,, jadi deh... jadi lah pokonya mah....

dianti said...

maap, tentang dream theatre, saya belom pernah coba ngedengerin, jadi ga comment. sepupu saya suka buanget dt itu.
saya pengen komentarin fiz you nya coldplay. tau ga put? kami ber-5 (aku dan 4 sahabatku yang fotonya kupajang di kubikal), kalo lagi down - drop, rasanya terinspirasi dengan fix you itu. dalem banget kan kalo ada sahabat yang bilang ... i will try.. to fix you'. wuihhh
intinya, yup, musik memang memberi warna dan pengaruh untuk epot-spot episode hidup kita.
:)

aLia_noZa said...

ada nama gw!ada nama gw!hahah..
ya ngefek lah put,cuma orang yang ga punya hati yang ga pernah kesentuh ma lagu.terlepas dari lagu macam apa lho..pecaya gak gw pernah nangis cuma gara2 denger lagu celine dion, malu..

btw, haduh,jadi malu sama ikram, dosa nih, maap ya kram..

Unknown said...

@ ikram : kekeke...maaph ya jadi dibahas...tapi saya senang menemukan orang yang sama2 suka Dreamtheater.

@k'muy : emang kerasa banget makananya lagu kalo pas ama suasana hati, asal aja jangan ampe suasana hati yang diatur ama lagu yang lagi disuka...bahaya!

@mbak hani : ayo dengerin Dreamtheater!!! Fix you emang poll abis dah...

@alia : 'cuman orang yang gak punya hati yang gak kesentuh ama lagu'
wooo...gak terlalu keras tuh? mungkin aja cuman kurang peka. Pernah nangis gara2 lagu celine dion? wahahaha...gile nih si al...lagu yang mana? gara2 apa nih? ^^